Segera Diproduksi, Obat Anti Alergi Kacang Ditemukan

oleh -186 views
Obat alergi kacang ditemukan. Foto: doktersehat

Palapanews.com- Kacang termasuk dalam camilan yang disukai oleh banyak orang. Hanya saja, bagi sebagian orang, kacang bisa menjadi benda yang sangat berbahaya, apalagi jika mereka memiliki alergi. Tak hanya membuat kulit gatal-gatal atau pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, banyak penderita alergi kacang yang bahkan mengalami sesak napas parah. Jika tidak mendapatkan bantuan medis yang tepat, penderita alergi kacang bahkan bisa saja mengalami kematian!

Beruntung, penderita alergi kacang sepertinya bisa lebih tenang di masa depan. Hal ini disebabkan oleh sebuah penelitian yang menghasilkan sebuah obat anti alergi kacang. Dalam penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini, 372 anak-anak dengan kondisi alergi kacang dilibatkan dalam uji coba klinis obat tersebut. Hasilnya adalah, setelah mengonsumsi obat ini, 250 anak mampu memakan 600 miligram atai lebih protein kacang, jumlah yang bisa ditemukan dalam 2 butir kacang tanpa mengalami reaksi alergi apapun. Bahkan, separuh dari total anak-anak ini bahkan bisa mengonsumsi kacang hingga empat butir tanpa mengalami reaksi alergi.

Anak-anak yang dilibatkan dalam penelitian ini berusia 4 hingga 17 tahun. Mereka diminta untuk mengonsumsi kapsul yang isinya adalah bubuk kacang tanah.

“Penelitian ini ditujukan untuk mengobati alergi dengan cara yang bertahap. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui efeknya adalah dengan mengonsumsi kacang yang bisa memicu reaksi alergi,” ungkap peneliti utama dr. Brian Vickery dikutip dari doktersehat.com.

Hanya saja, penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine ini juga mengungkap fakta bahwa penderita alergi kacang tidak akan bisa terbebas dari masalah kesehatannya meski sudah minum obat ini.

“Obat ini sebenarnya bukan penyembuh alergi, hanya saja obat ini bisa mencegah efek parah akibat paparan kacang yang tidak sengaja seperti saat mereka mengonsumsi makanan yang tanpa disadari ternyata memiliki kandungan kacang,” lanjut dr. Vickery.

Obat ini direncanakan akan diproduksi oleh perusahaan Aimmune Therapeutics yang ada di California, Amerika Serikat. Kini, perusahaan ini juga telah mengajukan izin edar ke Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Direncanakan, obat anti alergi kacang ini sudah bisa didapatkan pada akhir tahun 2019.

Komentar Anda

comments