Wakil Walikota Larang Ritel di Tangsel Pakai Kantong Plastik

oleh -182 views
Wakil Walikota Tangsel menerima kunjungan Pemkot Palu. Foto: Nad

Palapanews.com- Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengimbau perusahaan ritel, mal besar di wilayahnya agar tidak menggunakan plastik sebagai wadah belanja. Ini dilakukan untuk mengurangi produksi sampah plastik.

“Kami, pemerintah daerah mengimbau kepada toko-toko swalayan dan mal-mal besar di Tangsel agar tidak menggunakan kantong plastik dalam melayani penjual. Saat ini tahap yang paling cepat adalah mendorong adanya surat edaran Walikota Tangsel,” ujar Ben usai menerima kunjungan Kerja dari Pemkot Palu di Balaikota Tangsel, Selasa (4/12/2018).

Sebagai pengganti kantong plastik, menurut Benyamin, nantinya ritel bisa menghubungi lingkungan setempat atau Industri Kecil Menengah yang ada di Tangsel. Tentunya ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

“Mulai dari toko-toko besar dulu agar memberikan contoh, sehingga kelompok lain mengikuti untuk menggunakan kantong daur ulang. Ini mengingat gerakan kantong plastik berbayar yang tidak efisien dan bagaimana yang memproduksi dan yang menggunakan bergerak secara masif,” katanya.

Sementara untuk tindakan tegas, ia mengatakan belum akan melakukannya karena menyangkut nilai sosial dan nilai ekonomi.

Baca Juga: Resmi, Ritel di Kota Bogor Dilarang Pakai Kantong Plastik

“Soal usul yang dikaitkan dengan perizinan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga masih akan dipikirkan,” tandasnya. (nad)

Komentar Anda

comments