Bandara Soekarno-Hatta Siap Terima Peserta Asian Games 2018

oleh -

Palapanews.com- Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, pastikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sudah siap menerima 17.194 kontingen Asian Games 2018.

Hasil tersebut setelah pihaknya bersama ketua Inasgoc Erick Tohir, mengecek alur kedatangan dan keberangkatan yang akan dilalui official dan atlet. Seperti di pintu pemeriksaan atau X-ray, lanjut ke area konter Imigrasi.

“Hasil sidak kami hari ini di Terminal 3 Bandara Soetta, secara keseluruhan dipastikan bandara ini sudah siap menerima para tamu Asian Games,” ujar Yasonna, saat memberi keterangan resminya kepada awak media, Kamis (2/8).

“Tadi kami lihat untuk area konter Imigrasi akan diaktifkan 32 kedatangan dan 32 kepulangan. Itu diluar untuk WNI akan ada konter sendiri atau auto gate, jadi tidak akan tabrakan,” lanjutnya.

Lanjut ke area akreditasi, Yasona menambahkan, nantinya para official dan atlet akan divalidasi ulang identitas. Sebab, Inasgoc dari jauh hari sudah memegang data 17.194 peserta dari masing-masing negara.

Barulah para peserta Asian Games ini diarahkan untuk keluar pintu Terminal 3, dengan dibuatkan jalur khusus ‘Asian Games Line’, jadi tidak tercampur dengan pengunjung atau calon penumpang Bandara Soekarno Hatta lainnya.

“Barulah disambut dengan bus yang sudah disiapkan untuk mengangkut para peserta ini,” jelas Yasonna.

Yasonna mengaku semua sudah sesuai dengan alur yang sudah direncanakan sebelumnya. Sehingga, bandara yang dijadikan sebagai beranda terdepan dan terakhir dipastikan sudah siap menerima para tamu.

“Itu teorinya, tapi semua kesuksesan akan terlaksana dengan baik bila ada kordinasi yang baik antar semua pihak,” paparnya.

Yasonna pun menyoroti kekompakan Komunitas Bandara Soekarno Hatta (Kombata) dalam persiapan Asian Games ini. “Kompak banget, tadi saja apel gelar pasukan yang datang 970 personil,” ucapnya.

Mulai dari Imigrasi, APII, Karantina, Basarnas, Avsec, security gabungan, TNI/POLRI, dan para maskapai penerbangan. “Saya dapat bocoran, tiap hari itu total yang bertugas ada 10 ribu orang di bandara ini, jadi kami tambah yakin persiapan di Soekarno-Hatta akan semakin baik,” pungkasnya. (rik)

Komentar Anda

comments