Angkut Rombongan IPB, KM Orange Tenggelam Diterjang Ombak 4 Meter

oleh

Palapanews.com- Kapal Motor (KM) Orange mengangkut 21 orang rombongan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), tiga awak kru kapal dan nahkoda, tenggelam di perairan Binuangeun, Kabupaten Lebak, Banten. Tenggelamnya kapal tersebut lantaran diterjang ombak dengan ketinggian empat meter.

“Kejadiannya pukul 14.30 WIB. Beruntung semua penumpang dan awak berhasil diselamatkan oleh kami (SAR),” ujar Kepala SAR Banten Zaenal Arifin saat dikonfirmasi, Kamis 19 Juli 2018.

Zaenal menjelaskan, rombongan dari IPB tersebut hendak menuju Pulau Tinjil, Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk studi satwa primata. Tapi, ombak  dengan ketinggian sampai empat meter itu menggulung kapal tersebut.

“Berdasarkan dari keterangan penumpang yang selamat, mereka mau ke Pulau Tinjil untuk meneliti satwa primata, tapi ombak tinggi sekira empat meter datang,” katanya.

Zaenal menambahkan, seluruh penumpang dan awak kapal telah berhasil diselamatkan telah dibawa ke Puskesmas terdekat.

“Saat ini kesemuanya penumpang dan awak kapal sedang diperiksa di puskesmas Binuangeun. Terkait pendataan para penumpang masih dilakukan oleh pihak kami,” pungkasnya.

Sebelumnya, gelombang tinggi hingga mencapai empat meter juga menerjang KM Barokah dan kapal kitri yang menenggelamkan 11 nelayan, pada Kamis 19 Juli 2018 pukul 09.30 WIB. (rik)

Komentar Anda

comments