Fisik Calon Jamaah Haji Harus Bugar

oleh -854 views
Ilustrasi jamaah haji. (net)

Palapanews.com- Tak hanya mampu secara ekonomi, para calon jamaah haji juga harus mampu secara fisik. Kebugaran fisik amat penting agar pada pelaksanaan haji di tanah suci nanti, jamaah haji tidak mengalami masalah kesehatan.

“Maka itu pemeriksaan kesehatan amat penting bagi calon jamaah haji,” kata penanggungjawab pemeriksaan kesehatan calon haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pipin Zaenal Muttaqin.

Ia mengaku, pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mencapai penetapan layak kesehatan atau istithaah calon jamaah haji.

“Jika istithaah kesehatan haji telah tercapai atau memenuhi persyaratan, maka jamaah haji akan memiliki kesehatan optimal dan kondisi fisik yang prima baik sebelum keberangkatan dan selama berada di Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air,” Pinin menambahkan.

Istithaah merupakan keadaan siap atau mampu yang dimiliki para calon jamaah. “Jadi, calon jamaah bukan hanya mampu secara ekonomi, tetapi juga secara fisik,” ujarnya.

Pipin melanjutkan, karenanya istithaah kesehatan merupakan hal penting bagi setiap calon jamaah yang akan menunaikan ibadah haji. Terlebih, nantinya jamaah akan mengunjungi negara yang memiliki iklim yang berbeda dari Indonesia.

“Kebugaran fisik sangat penting untuk meminimalkan masalah kesehatan yang bisa saja dialami jamaah,” terangnya.

Dia juga menjelaskan ada tiga tujuan terlaksananya pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jamaah haji dalam upaya menuju istithaah. Pertama, terlaksananya kesehatan masa keberangkatan.

Kedua terlaksananya pendekatan keluarga dan koordinasi lintas program dan lintas sektor dalam proses pemeriksaan kesehatan jamaah haji. Ketiga, terlaksananya peran serta masyarakat dan profesional dalam pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji.

Selain itu, Pipin memaparkab, pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji ini sangat penting agar dapat diketahui tingkat kebugaran maupun kesehatan fisik. Sehingga saat nanti akan melakukan ibadah haji sudah siap semua.

“Hasil pemeriksaan kesehatan ini bisa diambil di Puskesmas terdekat dengan domisili calon jamaah haji,” tandasnya. (hms/one)

Komentar Anda

comments