Buang Sampah, Tangsel Disarankan Beli Lahan di Bogor

Palapanews.com- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyambangi Kota Bogor, Selasa (10/4/2018). Kunjungan ini dilakukan untuk mencari solusi mengatasi masalah di kota perdagangan dan jasa itu.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dituju di Kota Bogor adalah Dinas Lingkungan Hidup. OPD tersebut merupakan instansi di Kota Bogor yang bertanggungjawab mengurusi masalah sampah.

“Kota Bogor ini sama dengan Tangsel, lahannya terbatas. Dari kunjungan tadi dengan Pak Elia Buntang (Kepala DLH Kota Bogor), kita ketahui bahwa Pemkot Bogor bekerjasama dengan Pemkab Bogor untuk masalah sampah,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Rizki Joni.

Menurutnya, Pemkot Bogor membeli lahan di area Kabupaten Bogor yang dijadikan sebagai Tempat Pembungan Akhir (TPA) bagi warga Kota Bogor. Karena memang Kota Bogor tidak begitu luas dan minim lahan jika harus membangun TPA.

“Kami pikir Kota Tangsel harus melakukan hal yang sama dengan Kota Bogor, dimana dalam mengatasi persoalan TPA ini harus membeli lahan di daerah luar, dan bekerja sama dnegan pemerintah daerah lain,” tegasnya.

Senada dikatakan Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Tarmizi. Untuk mengatasi masalah sampah di kota dengan lahan yang sempit seperti Kota Tangsel, menurut dia solusinya adalah dengan membeli lahan di daerah lain.

“Dan kami rasa Kota Tangsel memiliki anggaran untuk membeli lahan yang luas untuk TPA di daerah lain, dan mungkin juga kalau di Kabupaten Tangerang kita mengalami kendala, kita usulkan membeli lahan di Kabupaten Bogor, karena kita berbatasan langsung pula dengan Kabupaten Bogor,” tandasnya. (jok)

Komentar Anda

comments