Bamus Betawi Tangsel Apresiasi Perda Pelestarian Budaya

Ilustrasi.

Palapanews.com- Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pelestarian Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Kamis (22/2/2018). Regulasi usulan legislatif ini disusun untuk mengatur program pelestarian budaya.

Penyusunan Raperda Pelestarian Budaya Betawi ini mendapat apresiasi dari Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Tangerang Selatan. Hal ini dinilai sebagai kepedulian pemerintah terhadap budaya lokal.

“Kami menyambut baik usulan Raperda ini. Ini bentuk kita semua yang ada di Kota Tangsel, benar-benar peduli akan kebudayaan asli daerah ini, sehingga perlu dibuatkan payung hukumnya,” kata Ketua DPD Bamus Betawi Kota Tangerang Selatan, Toto Sudarto.

Bamus Betawi Kota Tangerang Selatan, diakui Toto, siap memberikan kontribusinya dalam pembahasan kajian Raperda tersebut.

“Dan kami juga akan siap memberikan kobntribusi dalam pembahasan Raperda ini, agar seluruh aspek kebudayaan Betawi seluruhnya masuk ke dalam regulasi ini,” tandasnya.

Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan, Syihabudin Hasyim mengatakan regulasi itu akan mengatur secara khusus pengelolaan budaya Betawi di Kota Tangerang Selatan, yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pengembangan budaya Betawi di kota ini.

“Kita kan selama ini belum ada payung hukum khusus untuk terkait Kebudayaan Betawi Kota Tangsel, sehingga dalam pengembangan dan pelestarian budaya Betawi yang ada sangat terkendala, hingga akhirnya teman-teman dewan sepakat untuk menginisiasi Raperda ini,” kata Syihab -sapaan Syihabudin Hasyim.

Ia menambahkan, dalam Raperda ini nanitnya akan mengatur tentang program pelestarian budaya, seperti tarian betawi, bahasa, dan juga pakaian ada Betawi yang ada di Kota Tangerang Selatan.

“Banyak nanti yang diprogramkan, seperti bahasa ini, akan ada mungkin seperti kamus atau buku tertentu yang akan kami upayakan masuk ke dalam kurikulum sekolah. Dan juga seperti sanggar tarian, dan juga mengenai pakaian adat, nantinya setiap kegiatna hari besar maka harus menggunakan pakaian adat Betawi,” ungkapnya. (jok)

Komentar Anda

comments