Kelurahan Pondok Ranji Jadi Smart Village

oleh -
Din Syamsudin dan Walikota Tangsel saat peluncuran smart village di Pondok Ranji. (nad)
Din Syamsudin dan Walikota Tangsel saat peluncuran smart village di Pondok Ranji. (nad)

Palapanews.com- Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur diluncurkan sebagai Desa Cerdas atau Smart Village oleh Pergerakan Indonesia Maju (PIM) pada Kamis (26/1/2017). Program tersebut merupakan proyek perdana dalam rangka memajukan masyarakat Indonesia terutama di desa yang tertinggal.

“Karena PIM adalah pergerakan masyarakat lintas agama, suku dan gender yang bekerja sama ikut memajukan masyarakat selain desa cerdas juga ada program rumah aladin (rumah atap lantai dinding) yakni rumah sederhana layak huni, juga ada program desa maju mandir,” ujar Ketua PIM Din Syamsudin.

Untuk tahun 2017 ini PIM menargetkan ada 30 desa cerdas diseluruh Indonesia yang lokasinya masih dalam proses survey tergantung kepada usulan dewan wilayah dan dewan daerah PIM.

“Kita berharap di pondok Ranji yang kerjasama dengan pemkot Tangsel jadi model smart Village,” ungkapnya.

Sementara Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan tentunya seluruh kota telah mencanangkan kota pintar. Namun bukan hanya sekedar dari teknologi informasinya tetapi cerdas dari masyarakatnya, dengan keterlibatan dari seluruh pemangku.seperti masyarakat akademisi dan swasta.

“Sebetulnya program seperti ini masuk program RPJMD dimana kami dalam lima tahun kedepan akan bangun civic center sampai tingkat Kecamatan dengan kepercayaan dari PIM maka akan dipertajam kembali sampai Kelurahan,” imbuhnya.

Konsep smart village bukanlah sebuah pilihan tapi sebuah keharusan yang harus diwujudkan sebagai upaya yang lebih baik. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.