BPMPPKB Tangsel Sosialisasi KB Jangka Panjang

oleh -
Masyarakat menjalani pemeriksaan pada kegiatan sosialisasi KB Keliling. (nad)
Masyarakat menjalani pemeriksaan pada kegiatan sosialisasi KB Keliling. (nad)
Masyarakat menjalani pemeriksaan pada kegiatan sosialisasi KB Keliling. (nad)

Palapanews.com- Program Keluarga berencana terus disosialisasikan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan  Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kali ini pelayanan KB gratis dibuka bagi masyarakat di Kantor Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Selasa (6/12/2016).

“Jenis kontrasepsi yang paling kami rekomendasikan adalah MKJP (Metode KB Jangka Panjang). Implan bisa mencapai 3 tahun dan IUD sampai 10 tahun,” kata Kepala Sub Bidang Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi pada BPMPPKB Tangsel, dr Yuni Lia Astuti.

Ia mengaku, pelayanan KB keliling ini dilaksanakan secara rutin untuk memberikan pelayanan berupa pemasangan kontrasepsi kepada masyarakat berupa KB implan dan IUD.

“Dua jenis kontrasepsi ini jangka panjang. Beda dengan pil dan suntik yang harus rutin dilakukan, dan memiliki risiko lebih tinggi untuk tingkat kegagalannya,” kata dia menambahkan.

Dalam pelayanan ini, BPMPPKB Tangsel menyiapkan tenaga kesehatan sebanyak 5 petugas dari berbagai puskesmas di Tangsel. Jika tidak terlayani pada saat KB keliling maka diarahkan untuk ke puskesmas terdekat.

“Sasaran KB adalah usia kisaran 21-50 tahun, artinya selama dia masih menstruasi dan usia subur. Pelayanan KB keliling ini sudah kami lakukan di 54 Kelurahan dari 7 Kecamatan yang ada di Tangsel,” tandasnya.

Pada pelaksanaan program KB keliling ini, menurutnya warga Serpong yang menggunakan KB sebanyak 61 akseptor. Untuk pemasang IUD sebanyak 18 akseptor dan implan sebanyak 43 akseptor. (nad)

Komentar Anda

comments