Kepala OPD Tangsel Diminta Cermat Susun Anggaran

oleh -
Wakil Walikota, Benyamin Davnie membuka Sosialisasi Standar Belanja 2017. (nad)
Wakil Walikota, Benyamin Davnie membuka Sosialisasi Standar Belanja 2017. (nad)
Wakil Walikota, Benyamin Davnie membuka Sosialisasi Standar Belanja 2017. (nad)

Palapanews.com- Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diminta cermat menyusun anggaran belanja tahun 2017. Terlebih, pada tahun anggaran 2017 nanti bakal banyak perubahan lantaran adanya OPD baru.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyosialisasikan secara rinci standar belanja, penyusunan RKA (Rencana Kerja & Anggaran) dan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran), tata cara manajemen aset, dan lainnya. Hal ini perlu dipahami seluruh SKPD agar tidak ada kesalahan dalam membuatnya,” kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tangsel usai Sosialisasi Standar Belanja 2017 bagi seluruh SKPD Tangsel di Serpong, Selasa (6/12/2016).

Dalam kesempatan tersebut pihaknya ingin menyerap masukan dari seluruh SKPD. Apa yang menjadi kendala harus diselesaika dan diperbaiki bersama-sama untuk meminimalisir ksalahan yang terjadi. Apalagi saat ini akan ada OPD baru sehingga banyak perubahan yang harus disesuaikan.

Uus juga mengingatkan kepada SKPD agar melaksanakan kegiatan non-fisik dilakukan pada triwulan kesatu dan kedua. Jika tidak demikian lanjutnya, akan terjadinya penyerapan anggaran yang tidak optimal.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu jawaban terhadap tantangan dan tanggung jawab dari tugas fungsi DPPKAD dalam meningkatkan pengetahuan dan menyebarluaskan informasi kepada perangkat daerah khususnya dalam bidang pengelolaan keuangan daerah.

“Sehingga diharapkan melalui Sosialisasi Standar Belanja ini, aparatur di lingkungan pemerintah Kota Tangsel secara teknis mampu menyusun RKA dan DPA secara tepat, akurat dan sistematis sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku,” ungkapnya.

Melalui sosialisasi ini pula diharapkan pelaksanaan Perangkat Daerah terhadap Standar Belanja Tahun 2017 dapat maksimal, sehingga bisa diimplementasikan pada masing-masing Perangkat Daerah dan meminimalisasi kesalahan dalam penganggaran serta menjadi acuan bersama dalam pelaksanaan APBD. (nad)

Komentar Anda

comments