Pemkab Tangerang Kebut Pembangunan RSUD Pantura

oleh -
Sekda dan Dinkes Kabupaten Tangerang rapat membahas proyek RSUD Pantura. (ist)
Sekda dan Dinkes Kabupaten Tangerang rapat membahas proyek RSUD Pantura. (ist)
Sekda dan Dinkes Kabupaten Tangerang rapat membahas proyek RSUD Pantura. (ist)

Palapanews.com- Pemkab Tangerang terus melakukan percepatan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di daerah Pantai Utara (Pantura) Tangerang, tepatnya di Kecamatan Pakujahi. Pasalnya, warga di pesisir Tangerang masih minim sarana dan prasarana kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Iskandar Mirsyad mengatakan Pemkab Tangerang menargetkan proyek pembangunan RSUD Pantura rampung akhir tahun 2017. Berdasarkan evaluasi, menurutnya saat ini progres pembangunan RSUD itu sudah mencapai 75 persen.

“Posisi aktual sekarang baru 75,2 persen, saya sangat berharap RSUD Pantura (Pakuhaji) bisa rampung sesuai target yakni pada akhir tahun 2017, nanti pada saat HUT Kabupaten Tangerang kita bisa resmikan penggunaan RSUD Pantura tersebut,” kata Sekda saat rapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan di Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Senin (31/10/2016).

Ia menambahkan, pembangunan RSUD Pantura harus terus benar-benar diawasi dan dikontrol. Selain dikontrol langsung pemerintah daerah, Iskandar juga berharap masyarakat Pantura juga turut memantau langsung proses pembangunannya. “Jangan sampai nantinya ketika bangunan sudah jadi masih banyak kekurangan di sana-sini,” kata Iskandar menambahkan.

Masih menurut Iskandar, keberadaan Pembangunan RSUD Pantura ini nantinya akan lebih mempermudah masyarakat mendapat fasilitas kesehatan, khususnya mereka yang bermukim di Kecamatan Kosambi, Pakuhaji, Teluknaga, Kronjo, Mauk dan Kecamatan Sukadiri. Nantinya  masyarakat Pantura tidak perlu berobat ke RSU Tangerang yang jaraknya relatif jauh dari rumah mereka.

“Pembangunan RSUD Pantura ini merupakan bukti keseriusan Pemkab Tangerang dalam hal peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Maka itu, kita sangat berharap pembangunannya tepat waktu,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Nanik Isnaeni menambahkan RSUD Pantura dibangun tiga lantai di atas lahan seluas 2,1 hektare yang terletak di Kecamatan Pakuhaji. Nantinya, RSUD bakal dilengkapi berbagai ruangan, seperti di lantai 1 untuk ruang IGD, OK, VK, Lab, laundry, dapur. Lantai dua untuk rawat inap, ruang nifas, ICU, radiologi, farmasi, poliklinik dan lantai tiga untuk ruang rawat inap, kantor manajemen, ruang isolasi, ruang gizi, instalasi gas medis.

“Semoga apa yang kita harapkan dengan pembangunan RSUD Pantura ini bisa cepat selesai sesuai apa yang telah diharapkan oleh kita semua, dan dengan berdirinya RSUD Pantura bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan maksimal dan mampu membuat masyarakat Kabupaten Tangerang lebih baik lagi,” tandasnya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments