Warga Pantura Tangerang Gelar Pesta Nelayan

oleh -
Warga antusias menghadiri Festival Nelayan di Pantura Tangerang. (uad)
Warga antusias menghadiri Festival Nelayan di Pantura Tangerang. (uad)
Warga antusias menghadiri Festival Nelayan di Pantura Tangerang. (uad)

Palapanews.com- Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang mendadak dikerumuni ribuan masyarakat, Senin (31/10/2016). Mereka mengikuti pagelaran pesta nelayan sebagai bentuk rasa syukur akan hasil ikan yang berlimpah.

Pesta nelayan pada tahun ini diikuti ratusan perahu yang sudah dihias dengan berbagai atribut agar tampak meriah. Kegiatan yang biasa disebut ‘Nadran Syukuran Laut’ itu juga terdapat arak-arakan perahu yang berisi hasil laut, padi, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Tidak hanya itu, pesta nelayan yang dihadiri oleh Calon Gubernur Banten Wahidin Halim ini juga dilakukan prosesi penaburan kepala kerbau yang dipersembahkan dalam arak-arakan pesta nelayan ini.

Tokoh masyarakat Kampung Tanjung Pasir, Harun menjelaskan acara ini sudah rutin digelar oleh masyarakat pesisir. Ia menjelaskan, nantinya kapal yang sudah dibuat dengan menggunakan bambu dan kertas ini diarak ke tengah laut.

Dalam arak-arakan tersebut, para nelayan mengikutsertakan semua perahunya. Mereka mengarak perahu itu dengan membaca salawat dan memukul beduk.

“Di tengah laut nantinya perahu arak-arakan yang berisi hasil panen akan ditenggelamkan. Ini merupakan bentuk syukur kami terhadap hasil laut yang berlimpah,” tuturnya.

Pesta nelayan yang menjadi ajang promosi wisata Tanjung Pasir ini berlangsung selama 4 hari 3 malam, sejak Minggu (30/10/2016). Dalam kegiatan tersebut diadakan juga budaya cerah laut atau pesta laut. Berbagai aneka hiburan dan hidangan kuliner pun disuguhkan.

Untuk menghibur masyarakat, panitia juga menyediakan penampilan seperti wayang kulit, lenong, dan syukuran serta doa bersama dengan para nelayan dan warga.

Mereka berdoa untuk memohon keberkahan. Acara ini juga bertujuan selain mengakrabkan satu sama lain, masyarakat juga peduli akan lingkungan.

Puncak acara pesta nelayan ini akan digelar perlombaan perahu hias. Sebanyak 138 kontestan turut serta mengikuti ajang perlombaan ini. (uad)

Komentar Anda

comments