Zona 2 Gedung Bank Panin Berhasil Dirobohkan

oleh -
Mulai runtuh, gedung Bank Panin di Bintaro. (nad)
Mulai runtuh, gedung Bank Panin di Bintaro. (nad)
Mulai runtuh, gedung Bank Panin di Bintaro. (nad)

Palapanews.com- Gedung Bank Panin di Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Zona 2 berhasil dirobohkan. Zona 2 dengan luas 156 M2 berhasil dirobohkan pada Kamis (20/10/2016), pukul 23.48 WIB malam tadi.

Sebelumnya gedung tersebut udah sempat roboh pada Kamis (30/10/2016) pukuk 02.15 WIB pagi. Setelah itu, perkerjaan pun dilanjutkan dengan sistem yang sama yaitu overload dengan beban mencapai 175 ton pasir.

Pada saat sebelun terjadinya runtuhan, keamanan dan keselamatan yang direncakan berjalan dengan baik, hal itu terlihat dari adanya persiapan unit- unit damkar agar debu yang dihasilkan dari gedung tersebut dapat diatasi dengan baik.

“Pada saat peruntuhan telah disiapkan dan disiagakan unit 2 Damkar, sehingga ketika terjadi runtuh progresive dari lantai teratas dan debu yg terjadi akibat runtuh dapat segera diatasi dan dikurangi dalam waktu yg relatif singkat,” ujar Manager Projek, Ari Yudhanto.

Selain itu juga getaran yang ditimbulkan dari perobohan tersebut tidak menimbulkan dampak yang membahayakan terhadap lingkungan karena pengukuran vibrator yang dipasang pada gedung Heritage (samping gedung panin) menunjukan angka yang kecil.

“Pengukuran vibration meter di gedung Heritage menunjukan angka 0.4 mm/dtk. Artinya dampak terhadap lingkungan yg terjadi relatif kecil,” ucap Ari Yudhanto.

Pekerjaan perobohan gedung tersebut yang dilakukan oleh PT Wahana Infonusa masih akan dilanjutkan kembali hingga zona ketiga gedung tersebut roboh secara keseluruhan.

“Selanjutnya dalam beberapa hari ke depan, kami PT Wahana Infonusa akan melanjutkan peruntuhan di zone 3 dengan melakukan persiapan dan treatment awal pada bagian tersebut agar peruntuhan dapat terlaksana dengan baik,” katanya. (nad)

Komentar Anda

comments