Surya Institut Seleksi 60 Siswa Terbaik se-Indonesia

oleh -
60 pelajar se-Indonesia saat seleksi Olimpiade Sains & Matematika Asia oleh Surya Institut. (ist)
60 pelajar se-Indonesia saat seleksi Olimpiade Sains & Matematika Asia oleh Surya Institut. (ist)
60 pelajar se-Indonesia saat seleksi Olimpiade Sains & Matematika Asia oleh Surya Institut. (ist)

Palapanews.com- Sebanyak 60 peserta yang berasal dari sekolah dasar se-Indonesia mengikuti seleksi nasional untuk melaju ke ajang Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary Schools (ASMOPS) 2016 yang digelar oleh Surya Institut melalui Divisi Surya Institut for the Promotion of Science (SIPS).

Ketua Panitia ASMOPS 2016, Christina Simanjuntak mengatakan ASMOPS adalah olimpiade sains dan matematika tingkat sekolah dasar yang diikuti oleh peserta dari internasional.

“Negara-negara yang diundang untuk berpartisipasi dalam ajang ini adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Filipina, Kamboja, Nepal, India, Vietnam, Negeria dan beberapa negara Asia lainnya,” terang Christina kepada Palapanews.com ketika ditemui di lokasi seleksi di kawasan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (21/10/2016).

Christina melanjutkan, pihaknya menyeleksi secara nasional sebanyak 60 peserta yang terdiri dari 30 peserta bidang studi sains dan 30 peserta bidang studi matematika.

“Dari 60 peserta yang mengikuti seleksi nasional akan dipilih 16 peserta yang akan ikut serta dalam ajang ASMOPS 2016, delapan peserta di bidang studi sains dan delapan di bidang studi matematika yang kemudian akan dibentuk menjadi 4 tim nasional,” ungkap Christina.

Sebelum melakukan seleksi nasional, tambah Christina, pihaknya juga telah melakukan seleksi regional melalui kegiatan road to ASMOPS di beberapa kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Purwokerto, Yogjakarta, Surabaya, Bali, Balikpapan, Makasar, Timika, Medan, Palembang dan Pekanbaru.

“Dari seluruh kota tersebut, ada 1.357 siswa dari sekolah dasar se-Indonesia yang ikut seleksi dan akhirnya terpilih 60 siswa terbaik yang ikut seleksi nasional saat ini,” pungkas Christina. (ard)

Komentar Anda

comments