Kota Tangerang Jadi Tuan Rumah Olimpiade Internasional

oleh -
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah (kanan). (ist)
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah (kanan). (ist)
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah (kanan). (ist)

Palapanews.com- Ajang International Mathematics Science Olympiad (IMSO) 2016 akan digelar di Kota Tangerang. Lomba tersebut berlangsung mulai tanggal 09-12 November 2016 yang diikuti oleh 23 negara.

IMSO sendiri merupakan lomba Matematika dan IPA bertaraf internasional untuk siswa-siswi Sekolah Dasar dengan peserta yang berasal dari berbagai negara di dunia. Masing-masing negara mengirimkan delegasinya untuk mendapatkan medali emas, perak, atau perunggu dalam bidang matematika dan IPA.

Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan IMSO 2016 di Kota Tangerang, Executive Board IMSO yang dipimpin oleh Mr Kim dari Taiwan berkunjung langsung ke Kota Tangerang. Ia ingin melihat berbagai persiapan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan itu.

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah yang menerima langsung kunjungan Executive Board IMSO di Istana Nelayan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para anggota IMSO yang telah memilih Kota Tangerang sebagai tuan rumah kompetisi Matematika dan Science tingkat dunia tersebut.

“Suatu kehormatan bagi kami bisa menjamu para delegasi IMSO 2016 di Kota Tangerang,” ujar Arief, Rabu (5/10/2016).

Arief mengatakan, dengan ditunjuknya Kota Tangerang sebagai tuan rumah IMSO 2016 diharapkan kedepan bisa semakin memperkenalkan potensi dan budaya masyarakat Kota Tangerang ke kancah internasional.

“Saya melihat ini sebagai kesempatan yang baik untuk mengenalkan kota Tangerang ke dunia luar,” sambung Arief.

Namun demikian, Arief juga mengharapkan agar pelaksanaan IMSO 2016 tersebut bisa dijadikan ajang untuk unjuk diri bagi para siswa-siswi se-Kota Tangerang berkompetisi dan  bersaing dengan para peserta dari berbagai negara di dunia.

“Ini bisa menjadi barometer kualitas pendidikan di Kota Tangerang, apalagi kita selalu mendapat peringatan kelulusan terbaik tingkat Banten,” jelasnya.

Selain itu, Arief menegaskan, Kota Tangerang telah siap untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan IMSO 2016. Menurutnya kegiatan tersebut bertujuan untuk kebaikan, sehingga kota Tangerang akan berupaya maksimal dan menggali potensi yang dimiliki untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“IMSO dapat menjadi ajang untuk membangun silaturahim antar bangsa dan negara, dan bisa mengembangkan pendidikan yang menjadi modal utama kemajuan bangsa,” ujar Arief.

Kota Tangerang, lanjut Arief, harus dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi para tamu dari luar maupun dalam negeri, sehingga dilakukan beberapa persiapan-persiapan dan koordinasi dengan berbagai pihak yang akan membantu dalam penyelenggaraan olimpiade internasional tersebut.

Rencananya, pihak kota Tangerang akan mengadakan event khusus sebagai rangkaian wisata para peserta olimpiade, seperti Pasar Lama Culinary Night, Festival Budaya, Festival Film serta kegiatan lain yang dapat dielaborasikan dengan kegiatan IMSO.

“Mudah-mudahan semua yang datang ke Tangerang baik dari dalam maupun luar negeri merasa nyaman, mengenal lebih jauh tentang budaya dan potensi kota Tangerang serta menjadi pengalaman menarik selama mengikuti IMSO disini,” tukasnya. (uad)

Komentar Anda

comments