Ini Beragam Modus Penyelundupan Narkoba di Bandara Soetta

oleh -
Gelar perkara kasus penyelundupan narkotika di Bandara Soekarno Hatta. (uad)
banner 300250
Gelar perkara kasus penyelundupan narkotika di Bandara Soekarno Hatta. (uad)
Gelar perkara kasus penyelundupan narkotika di Bandara Soekarno Hatta. (uad)

Palapanews.com- Berbagai cara dilakukan pelaku untuk menyelundupkan narkotika ke Indonesia. Modusnya pun beragam, mulai disembunyikan dari celana dalam, di dalam koper, kaos kaki, sampai ke dalam anus.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Erwin Situmorang mengatakan Bandara Soekarno-Hatta menjadi salahsatu pintu masuk barang haram tersebut yang tiba dari luar negeri. Maka itu, penting sekali pihaknya bersinergi dengan kepolisian untuk mempersempit gerak pelaku jaringan internasional ini.

“Kalau modus disembunyikan di celana dalam pelaku memang sudah sering kita temui. Begitupun yang dimasukan ke dalam koper, tapi ada juga modus yang unik seperti dimasukan ke dalam anus,” katanya, Selasa (4/10/2016).

Erwin menuturkan, modus disembunyikan di celana dalam pelaku melakukan modifikasi agar tidak ketahuan oleh petugas. Tetapi petugas tidak lengah dan terdeteksi menggunkan mesin X-ray.

“Pelaku yang memasukan narkotika ke dalam anus nantinya dikeluarkan pakai sejenis obat mules sehingga bisa dikeluarkan. Kita juga cukup kesulitan dan harus menunggu beberapa jam untuk mengeluarkannya,” jelas Erwin.

Diberitakan sebelumnya, Kantor Pelayanan Bea Cukai Bandara Soetta berhasil menggagalkan 7 kasus penyelundupan narkotika dengan mengamankan 14 orang tersangka.

Untuk mengungkap kasus ini tim gabungan juga mengembangkan sampai harus terbang ke Surabaya dan Palembang. Total barang bukti yang disita petugas mencapai 4.273 gram sabu yang berpotensi menyelamatkan 34.000 jiwa generasi penulerus bangsa dari penyalahgunaan narkotika. (uad)

Komentar Anda

comments