Lebaran Betawi Tangsel 2016 Bakal Dibuka Airin

oleh -
Walikota Tangsel, Airin saat membuka Lebaran Betawi 2015. (ist)

Palapanews.com – Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangerang selatan (LIMABETA) kembali menyelenggarakan Gelaran Lebaran Betawi Tangsel 2016/1437 Hijriah. Kegiatan dilakukan di Jalan Jurangmangu Barat, Kelurahan Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, mulai Jumat, Sabtu dan Minggu (5-7/8/2016).

Pembukaan resmi Gelaran Budaya Lebaran Betawi Tangsel 2016 sedianya akan dilaksanakan, Sabtu (6/8/2016) oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany. Saat pembukaan, bakal dihadiri Ulama, Seniman Betawi diantaranya Ridwan Saidi, Kepolisian, TNI dan para undangan, serta seluruh komponen masyarakat yang ada Pondok Aren dan sekitarnya.

Bagi masyarakat Betawi, Lebaran menjadi momen puncak pemulihan diri dalam membina silaturahim dengan masyarakat di sekitar. Peristiwa ini bukan sekadar peringatan hari raya, melainkan juga penyatuan harmoni budaya yang telah berlangsung selama berabad-abad.

“Lebaran Betawi Tangsel yang digagas oleh LIMABETA merupakan manifestasi dari sebuah kegelisahan kian memudarnya budaya dan kesenian yang berkembang dalam masyarakat Kota Tangerang Selatan yang mayoritas beretnis Betawi,” kata Ketua Panitia Pengelenggara, Rudi.

Melalui Lebaran Betawi Tangsel kali kedua ini, diharapkan menjadi ajang silaturahim antar pelaku seni dan budayawan Betawi di Tangerang dan sekitarnya untuk menjaga dan melestarikan serta memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang kesenian serta kuliner Betawi yang bertahan sampai dengan saat ini. (rls/one)

Komentar Anda

comments