KNPI Kabupaten Tangerang Studi Banding ke Yogyakarta

oleh -
Pengurus KNPI Kabupaten Tangerang saat study banding ke Yogyakarta. (day)
Pengurus KNPI Kabupaten Tangerang saat study banding ke Yogyakarta. (day)
Pengurus KNPI Kabupaten Tangerang saat study banding ke Yogyakarta. (day)

Yogyakarta, PalapaNews.com – Sebanyak 50 pengurus DPD KNPI Kabupaten Tangerang melakukan studi banding pembangunan dan pemberdayaan ke kraton Yogyakarta selama 3 hari, dari 22 sampai 24 Juli 2016.

Studi banding ini bertujuan untuk melihat potensi pemberdayaan pemuda di Kota Yogyakarta yang sudah berhasil menjalankan program pemberdayaan pemuda dan mendirikan kantor pemberdayan pemuda, serta berhasil menggali potensi kreativitas pemuda.

Studi banding ini dipimpin Sekjen DPD KNPI Adang Akbarudin yang didampingi Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Tangerang Lili Gozali. Rombongan diterima oleh Ketua DPD KNPI Kota Yogyakarta Apipi dan ketua DPD 1 KNPI Provinsi Yogyakarta Fitroh Nurwijoyo Legowo, di aula kraton Yogyakarta.

Pengurus kedua organisasi kepemudaan ini langsung melakukan diskusi mengenai program kewirausahaan dan studi pembangunan pemuda, khususnya program-program pengembangan kepemudaan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekjen DPD KNPI Kabupaten Tangerang Adang Akbarudin berharap agar studi banding DPD KNPI bisa menambah pengetahuan tentang pemberdayaan pemudan dan kreativitas pemuda di Kabupaten Tangerang.

“Kami menghaturkan terima kasih kepada pengurus DPD KNPI Kota Yogyakarta yang sudah menyambut kedatangan kami, banyak hal yang harus di adopsi oleh kami, agar ada peningkatan kapasitas pemberdayaan pemuda di wilayah kami,” ujar Adang Akbarudin.

Adang Akbarudin menambahkan DPD KNPI Kabupaten Tangerang berhasrat ingin mengembangkan program kepemudaan di Yogyakarta. “Kami sengaja memilih Yogyakarta sebagai lokasi studi banding karena hampir 90% pemudanya memiliki kegiatan wirausaha, UMKM di Kota Yogyakarta ini sebagai rujukan bagi DPD KNPI Kabupaten Tangerang,” tambahnya.

Lili Gojali Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Tangerang, yang membidangi kepemudaan mendukung program kepemudaan tersebut. Pria yang pernah menjabat Ketua PK KNPI Cisauk ini berharap agar pemuda bisa menjadi kreatif, mandiri dan berdaya.

Kata dia, orogram studi banding ke Yogyakarta ini harus bisa menjadi pemicu semangat bagi pemuda Kabupaten Tangerang, sehingga ilmu yang bisa didapat bisa ditularkan ke yang lain.

“Kami dari komisi 2 DPRD mendorong terciptanya pemuda yang kreatip dan bisa mengembangkan usaha UMKM, karena di Yogyakarta banyak hal yang meski bisa ambil atau di adopsi,” tandas Lili Gojali.

Sementara Fitroh Nurwijoyo Legowo Ketua DPD I Provinsi DIY memaparkan tentang peningkatan kapasitas kepemudaan yang selama ini sudah berjalan sejak lama di Yogyakarta. Menurutnya, pemerintah bersama unsur pemuda terus melakukan pembinaan kepada masyarakat, selain itu melalui Perda yang dibuat toko modern berupa Alfamart dan Indomart dibatasi.

“Sinergitas antara pemerintah dan unsur kepemudaan berjalan, pemerintah sangat mendukung adanya peningkatan kepemudaan dengan memberikan kesempatan kepada warga untuk bisa berkarya,” ujarnya. (day/one)

Komentar Anda

comments