LIMABETA Kembali Gelar Festival Lebaran Betawi

oleh -
Walikota Tangsel mengaduk dodol dalam Festival Lebaran Betawi 2015 silam. (dok)
Walikota Tangsel mengaduk dodol dalam Festival Lebaran Betawi 2015 silam. (dok)
Walikota Tangsel mengaduk dodol dalam Festival Lebaran Betawi 2015 silam. (dok)

Tangsel, PalapaNews.com – Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Kota Tangsel (LIMABETA) bakal kembali melaksanakan Festival Lebaran Betawi di Jalan Raya Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Rencananya tanggal 5 sampai 7 Agustus 2016. Lokasinya sama seperti tahun kemarin. Tahun ini, kami ambil tema “Harmoni Dalam Kebersamaan Dalam Menjaga dan Melestarikan Budaya Betawi”,” kata Ketua Panitia Pengelenggara, Rudi menjelaskan kepada PalapaNews.com.

Kata dia, kegiatan tersebut sudah dicanangkan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany untuk menjadi acara tahunan. Kegiatan itu, diakuinya didapuk sebagai wadah pengenalan seni dan budaya betawi yang tumbuh dan berkembang di kota berpenduduk 1,45 juta jiwa ini.

“Kita tahu, Kota Tangsel merupakan salah satu kota yang memiliki latar belakang budaya Betawi. Di sini (Tangsel), mengakar dan berkembang seni dan budaya dalam keseharian masyarakat,” kata Rudi menambahkan.

Beragam stan pameran kearifan lokal Betawi dan penganan khas yang juga dari Betawi, diakuinya sebagai upaya pihaknya menjadikan Festival Lebaran Betawi sebagai destinasi wisata baru.

“Kami juga berharap, kegiatan ini menjadi agenda edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat dan memperkenalkan seni serta budaya Betawi ini ke tingkat Nasional,” tandasnya.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengapresiasi positif Festival Lebaran Betawi 2016. Ia menilai, kegiatan tersebut dapat menambah khazanah seni dan budaya di Kota Tangsel.

“Saya yakin Lebaran Betawi juga akan mampu memberikan kontribusi positif bagi sektor lainnya, seperti sektor wisata, ekonomi, pendidikan dan sosial,” tandasnya.

Diketahui, pada 2015 lalu Festival Lebaran Betawi digelar di lokasi yang sama. Kegiatan ini sukses menyedot ribuan pengunjung. (one)

Komentar Anda

comments