Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Puasa

oleh -
Dokter sedang memeriksa pasien di Ruang Poli Gigi RSU Tangsel. (one)

Tangsel, PalapaNews.com – Mulut merupakan bagian utama tempat masuknya makanan dan minuman sebelum diproses lebih lanjut di dalam perut. Sebagai bagian utama, tentu saja kesehatan mulut dan gigi harus dijaga agar tetap berfungsi optimal.

Selama menjalankan puasa Ramadan, ada tips khusus yang bisa Anda terapkan agar mulut dan gigi tetap sehat. Seperti yang diungkapkan Dokter Poli Gigi Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) drg Agatha Sucita.

Menurutnya selama menjalankan puasa kesehatan gigi dan mulut harus tetap dijaga. Kata dia, selama berpuasa seseorang akan kekurangan cairan. Untuk menjaga cairan dalam tubuh, ia menyarankan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air.

“Seperti makan buah-buahan. Itu penting agar cairan di dalam tubuh tetap terjaga. Meski puasa, minum air putih harus tetap delapan gelas sehari. Hanya saja, polanya (waktu minum) yang diubah, yakni dua gelas saat sahur, dua gelas saat buka dan empat gelas dari buka sampai sahur,” kata drg Agatha.

Supaya gigi dan mulut tetap terjaga kesegarannya, dr Agatha juga menyarankan selama berpuasa sebaiknya hindari banyak makan daging saat makan sahur. Kenapa?  Karena daging dapat menyebabkan bau tak sedap saat terurai dalam pencernaan kita.

“Menggosok gigi juga harus dilakukan dua kali sehari, sama seperti hari biasa. Waktunya yang berubah, yakni setengah jam setelah makan sahur. Sedangkan kalau malam, bisa tetap dilakukan sebelum tidur,” kata dia, seraya mengatakan membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah juga bisa dilakukan.

drg Agatha juga menganjurkan untuk berkumur dengan memakai obat kumur. Cara ini menurutnya sangat membantu mengurangi bau mulut saat berpuasa dan juga mengurangi bakteri yang terdapat pada mulut selama kita berpuasa. (adv)

Komentar Anda

comments