Kawasan Kumuh di Tangsel akan Segera Ditata

oleh -
Kumuh, salah satu kawasan di Kota Tangsel. (man)
Kumuh, salah satu kawasan di Kota Tangsel. (man)
Kumuh, salah satu kawasan di Kota Tangsel. (man)

Tangsel, PalapaNews.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan melakukan pengkajian terkait penataan kawasan kumuh di kota hasil pemekaran Kabupaten Tangerang tersebut.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, dalam penataan kawasan tersebut akan dilihat dari beberapa aspek, yakni yang paling besar adalah fisik yang akan menyerap anggaran besar.

“Nanti akan dihitung berapa kawasan kumuh di Tangsel, kemudian berapa biaya yang dibutuhkan selama lima tahun kedepan,” kata Benyamin ditemui di Serpong, Kamis (26/5/2016) kemarin.

Menurutnya ada beberapa konsep dalam penataan kawasan kumuh yang dilihat dari sisi rumah sehat. Antara lain tersedianya jendela yang didukung dari lingkungan yang bukan hanya bersih namun ada interaksi masyarakatnya.

“Sedangkan dari sisi lingkungan akan dilakukan penghijauan. Selain itu aspek persoalan lainnya yang mendetail, seperti drainase, kesehatan dan lainnya,” papar Benyamin.

Seiring dengan hal tersebut, pihaknya juga telah mengajukan bantuan anggaran ke Pemerintah DKI Jakarta kurang lebih sebesar Rp100 miliar sesuai dengan tingkat kepadatan per kilometernya yang mencapai Rp10 ribu jiwa.

Sementara Direktur pedesaan dan Perkotaan pada Bappenas Ayu Parasati mengatakan Pemerintah pusat telah menyiapkan rencana kota masa depan yang menjadi acuan pemerintah daerah untuk menata kota dan selesaikan isu perkotaan yang banyak sekali seperti penataan ruang dan kemiskinan. (man)

Komentar Anda

comments