Agustus Nanti Imunisasi Digelar di Seluruh Sekolah Dasar

oleh -
Imunisasi anak sekolah. (antaranews.com)
Imunisasi anak sekolah. (antaranews.com)
Imunisasi anak sekolah. (antaranews.com)

Tangsel, PalapaNews.com – Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) segera digelar serentak di seluruh sekolah dasar (SD) pada Agustus nanti. Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus menyosialisasikan kegiatan tersebut.

Seperti pada Kamis (26/5/2016), Dinas Kesehatan menggelar Kegiatan Peningkatan Imunisasi Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular di Puspiptek. Mereka diberi pemaparan tentang imunisasi dan kebijakan penyelenggaraan program BIAS oleh narasumber dari BidangĀ  Imunisasi Dinkes Provinsi Banten, Yanzela Putri Azis.

Kasi Survellain Imunisasi Dinas Kesehatan Tangsel, Adhy Purnawan mengatakan pada Agustus nanti, imunisasi akan diadakan di seluruh Sekolah Dasar di Tangsel.

“Pada bulan Oktober dan November juga ada BIAS. Untuk kelas 1 SD diberikan imunisasi DT sedangkan kelas 2 dan 3 SD mendapatkan TD. Isinya sama saja, hanya dosisnya yang berbeda,” papar Adhy.

Menurut Adhy, BIAS dilakukan dalam rangka mencegah penyakit divteri, tetanus, dan campak. Dimana penyakit tersebut rentan terkena pada anak SD. Ketiga penyakit itu menular dan sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian, namun penyakit tersebut bisa dicegah dengan imunisasi.

“Kementrian Kesehatan, Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan sudah bersepakat untuk mensukseskan Program BIAS, makanya seluruh elemen tersebut turut memberikan dukungan,” paparnya.

Nantinya, Adhy berharap sekolah bisa mensosialisasikan tentang imunisasi kepada orangtua siswa. Kemudian bisa mengoptimalisasi target 95 persen imunisasi dari jumlah seluruh anak sekolah.

“Tahun 2015 kemarin, untuk BIAS kita sudah mencapai 95,3 persen. Target kami tahun ini ingin lebih tinggi dari tahun lalu. Makanya diharapkan sekolah bisa mensosialisasikan kepada orang tua siswa agar anak-anaknya mau diimunisasi di sekolah,” tukas Adhy. (man)

Komentar Anda

comments