Mau Diakui Negara? Catat Pernikahan Anda di Disdukcapil

oleh -
Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie memberi sambutan dalam kegiatan Disdukcapil. (man)
Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie memberi sambutan dalam kegiatan Disdukcapil. (man)
Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie memberi sambutan dalam kegiatan Disdukcapil. (man)

Tangsel, PalapaNews.com – Dalam rangka penyelenggaran administrasi kependudukan untuk memenuhi hak asasi setiap orang di bidang administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel menyelenggaran dialog interaktif dengan pemuka agama mengenai peningkatan pelayanan publik pencatatan perkawinan yang di Puspiptek, Kamis (26/5/2016).

Kepala Disdukcapil Tangsel Toto Sudarto mengatakan pentingnya sebuah pernikahan dicatatakan untuk mendapatkan akta pernikahan yang sah dan diakui oleh negara.

“Kita mengundang 70 pemuka agama dari Kristen Prosestan, Hindu, Budha, Katolik untuk sama-sama memahami dan memberikan pengetahuan betapa pentingnya sebuah perkawinan dicatatkan di Disdukcapil,” ungkapnya.

Dikarenakan masih banyak pemuka agama yang hanya menikahkan dan tidak segera melakukan pencatatan ke Disdukcapil. Padahal agar perkawinan tersebut memiliki status yang sah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan seperti yang dijelaskan di Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Sementara, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, dialog interaktif ini sangatlah bermanfaat sebagai sarana yang baik untuk menjelaskan hal-hal terkait dengan pencatatan perkawinan, pembatalan perkawinan dan perceraian.

Dengan mengetahui isu-isu yang ada ditengah masyarakat, khususnya pemuka agama, diharapkan agar menambah wawasan, pengetahuan bersama dibidang percatatan perkawinan, perceraian yang pada akhirnya akan memperlancar pelaksanaan tugas sesuai kewenangannya masing-masing.

“Kegiatan dialog ini merupakan wadah dan momentum untuk menambah wawasan, untuk itu dibutuhkan peran aktif dari para peserta untuk lebih komunikatif sehingga dapat lebih meningkatkan sumber daya atau kemampuan yang dimiliki yang tidak terlepas dari berbagai tantangan sosial dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Percatatan perkawinan sangatlah penting untuk memberikan kepastian tentang hubungan suami istri atau putusnya hubungan suami istri. Selain itu juga untuk menentukan garis keturunan dari seseorang dengan adanya hubungan perkawinan yang legal berdasarkan ketentuan perundang-undangan. (man)

Komentar Anda

comments