Pemerintah AS Sumbang 8 Juta Buku untuk Indonesia

oleh -
Penyerahan buku bantuan dari Amerika di SD Negeri Jelupang 2, Tangsel. (man)
Penyerahan buku bantuan dari Amerika di SD Negeri Jelupang 2, Tangsel. (man)
Penyerahan buku bantuan dari Amerika di SD Negeri Jelupang 2, Tangsel. (man)

Tangsel, PalapaNews.com – Pemerintah Amerika Serikat melalui USAID Prioritas menyumbangkan 8 juta buku bacaan berjenjang kepada masyarakat Indonesia. Nantinya, buku tersebut akan disebar ke 986 sekolah dasar yang ada di Banten.

Penyerahan buku secara simbolis dilakukan di SD Negeri Jelupang 2, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (24/5/2016).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Duta Besar AS Brian McFeeters, Direktur Program Usaid Stuart Weston, Direktur Usaid Indonesia Andrew Sisson, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Engkos Kosasih dan Kepala Dinas Pendidikan Tangsel Mathodah.

Direktur Usaid Prioritas, Stuart Weston mengatakan masing-masing sekolah nantinya akan memiliki 75 judul buku kecil, 6 judul buku besar dan 6 buku paduan guru serta lembar kerja (LK) siswa.

“Untuk Banten sendiri dibagikan sebanyak 600 ribu buku yang akan disebar ke 986 sekolah dasar di tujuh kota dan kabupaten. Sekolah-sekolah tersebut ditunjuk lantaran sudah menjadi mitra dengan Usaid Prioritas, dalam hal pembinaan ataupun pendampingan kurikukulum,” ujar Stuart.

Wakil Dubes Amerika Serikat Brian McFeeters mengaku program yang tengah digencarkan ini memang sudah menjadi bagian dari kesepakatan antara Presiden Jokowi dan Presiden Barack Obama pada Oktober 2015 lalu. Dari 40 program yang disepakati pada saat itu, ada diantaranya meningkatkan masyarakat Amerika dan masyarakat Indonesia.

“Salah satunya dengan program yang telah dicanangkan sejak 5 tahun ini, kami berharap program ini mampu menumbuhkan minat baca warga Indonesia. Terutama pelajarnya,” kata Brian.

Sementara Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, pembagian buku dari masyarakat Amerika kepada masyarakat Indonesia mendukung program pemerintah. Yakni Gerakan Riterasi Nasional dan Gerakan Indonesia Membaca.

“Kami berharap ini menjadi penyemangat anak-anak Indonesia dalam membudayakan membaca,” kata Hamid yang sempat melakukan praktek mengajar di salah satu kelas SDN Jelupang 2 menggunakan buku bantuan tersebut. (man)

Komentar Anda

comments