Koramil 19 Pondok Aren Tanam Padi di Parigi

oleh -
Aksi tanam padi TNI di lahan milik Bintaro di Pondok Aren. (hen)
Aksi tanam padi TNI di lahan milik Bintaro di Pondok Aren. (hen)
Aksi tanam padi TNI di lahan milik Bintaro di Pondok Aren. (hen)

Tangsel, PalapaNews.com – Jajaran TNI dari Koramil 19 Pondok Aren dan Kodim 0506 Tangerang melakukan tanam padi di lahan tidur milik pengembang Bintaro, Tangerang Selatan (Tangsel).

“Kalau varietas padi yang kami tanam jenisnya Ciherang, jumlah semuanya 50 kilo,” kata Danramil 19 Pondok Aren Kapten Arh Didik Wahyudi di lokasi tanam padi, Selasa (10/5/2016).

Sesuai dengan undang-undang TNI nomor 34 tahun 2004 tertuang bahwa selain melaksanakan pungsi Operasi Militer Perang (OMP), kata dia, TNI juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa pemenuhan swasembada pangan.

“Wujud implementasi dari OSMP yakni pembinaan teritorial yang juga tugas pokok angkatan darat yakni TNI ikut melakukan upaya swasembada pangan dengan cara bercocok tanam,” ungkap Didik.

Upaya swasembada pangan dengan cara melakukan penanaman padi tidak hanya dilakukan oleh jajaran TNI saja. Akan tetapi melibatkan seluruh unsur dari pemerintah daerah setempat.

Mulai dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tangsel, Camat Pondok Aren, Polsek dan kelompok Menurutnya, meski lahan yang ada di Tangsel menyusut, namun sesuai intruksi presiden, pemkot Tangsel tidak serta merta hanya berpangku tangan dalam upaya swasembada pangan yang ada di Kelurahan Parigi Lama, Seroja ll.

“Karena ini program pemerintah pusat, maka semua unsur kita libatkan semua,” tandasnya. (hen)

Komentar Anda

comments