Lambat, Pembebasan Lahan Tol JORR 2 Terkendala Dana

oleh -
Ilustrasi tol. (bbs)
Ilustrasi tol. (bbs)

Tangsel, PalapaNews.com – Rencana pembangunan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Serpong-Kunciran sepanjang 11,2 kilometer belum bisa dilakukan percepatan. Pasalnya anggaran pembebasan lahan masih menjadi kendala utama terkendalanya proyek tersebut.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangsel, Alen Saputra mengatakan adanya keterlambatan anggaran dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sehingga banyak masyakarat yang tanahnya tidak mau diukur lantaran belum ada kepastian kapan akan dibayar.

“Jika dilihat sesuai target, harusnya tahun depan sudah selesai pembebasan. Sementara akibat dari keterlambatan lahan ini banyak warga yang memiliki tanah di lahan rencana tol Serpong-Kunciran menarik kembali tanahnya untuk pembebasan,” ujarnya.

Menurutnya, ada 2164 bidang tanah yang akan dibebaskan. Namun yang baru dibayarkan baru 748 bidang yang ada di 8 kelurahan, diantaranya adalah Kelurahan Jombang, Pakujaya, Pondok Jagung Timur, Pondok Jagung, Jelupang, Parigi, Parigi Baru dan Rawa Mekar Jaya dengan total dana yang digelontorkan sebanyak Rp718,5 miliar.

Diberitakan, PPK tol Serpong-Kunciran Kementrian PUPR, Achmad Sjahrial Ritonga, mengakui kendala pembebasan lahan yang menjadi kewenangannya terkendala anggaran dari Pemerintah Pusat.

“Ini permasalahan umum, saya rasa di semua proyek pembangunan tol masih terkendala anggaran untuk pembebasan lahan. Diakuinya, realisasi pembebasan lahan tol Serpong-Kunciran, baru mencapai 32 persen meliputi tiga kelurahan Jombang, Paku Jaya dan Jelupang dari total 8 kelurahan yang akan terkena dampak pembangunan tol Serpong-Kunciran,” jelasnya.

Dirinya juga mengaku, dalam pembebasan lahan proyek tol Serpong-Kunciran, tim PPK tol Serpong-Kunciran masyarakat siap membantu. Bahkan mereka bertanya-tanya kapan lahannya bisa dibayarkan. Hanya terkendala anggaran saja.

Diketahui proyek tol itu nantinya menyambung dari proyek tol Cinere-Serpong, Serpong-Kunciran dan Kunciran-Bandara. (man)

Komentar Anda

comments