UMN gelar kompetisi robotik karya anak bangsa

oleh -
Peserta memamerkan hasil karya robotnya di Engineering Days 2016. (bung)
Peserta memamerkan hasil karya robotnya di Engineering Days 2016. (bung)
Peserta memamerkan hasil karya robotnya di Engineering Days 2016. (bung)

Tangerang, PalapaNews.com – Sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan teknologi, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang fokus pada pengembangan teknologi, menyelenggarakan rangkaian kegiatan, pameran, kompetisi, serta seminar teknologi yang terangkum dalam Engineering Days 2016.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Komunitas Robotik UMN. Engineering Days 2016 turut menghadirkan robot-robot karya anak bangsa, yang diantaranya adalah Robot Terbang (Jatayu), Robot Vi-Rose, serta Robot ROV (Roroesamit) karya mahasiswa/i berprestasi dari ITS.

Kompetisi teknologi dalam Engineering Days 2016 terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori Eco-Green Innovation Tech dan Autonomous Sumo Robot. Sebanyak 125 peserta dari berbagai daerah bersaing untuk menunjukkan karya terbaik mereka dan akhirnya terpilihlah Robot 3R (Reduce Reuse Recycle) yang dirancang oleh I Gede Nanda Pramana Putra & Said Dimas Alrasyid dari SMAN 1 Denpasar, sebagai Juara 1 Kompetisi EcoGreen Innovation Technology.

Sementara itu, Robot Levanter yang dirancang oleh Harits Muhammad Setyaman dari SMAN 3 Bandung, juga terpilih sebagai Juara 1 Kompetisi Autonomous Sumo Robot. Selain pemeran dan kompetisi robotik yang dapat diikuti oleh siswa-siswi SMA di tingkat nasional maupun internasional.

Engineering Days 2016 juga menampilkan rangkaian seminar yang membahas tentang penerapan Internet of Things pada penerapan Smart City yang salah satu sesinya dibawakan oleh Firmansyah Lubis selaku Direktur e-Government Kemkominfo, serta workshop Controlling Home Devices melalui Bluetooth yang dibawakan oleh Komunitas Arduino Indonesia.

Topik ini pula yang menjadi pusat perhatian dan mulai banyak diterapkan terutama di kota-kota besar di Indonesia.

“Kami ingin berpartisipasi dalam pengasahan skill siswa-siswi SMA untuk merakit robot maka dari itu kami menantang mereka dlm beberapa kompetisi yang ada,” kata Ketua Pelaksana Engineering Days, Debora Thea.

Selain itu, kata dia, mereka juga dapat berlatih untuk berkompetisi dengan sehat. Kami juga sekaligus ingin memperkenalkan komunitas robotik yang ada di UMN dan terbuka untuk setiap peluang kerjasama kedepannya. (bung)

Komentar Anda

comments