Lapas Wanita Tangerang Over Kapasitas

oleh -
Kepala Lapas Wanita Tangerang, Cipriana Murbihastuti. (eni)
Kepala Lapas Wanita Tangerang, Cipriana Murbihastuti. (eni)
Kepala Lapas Wanita Tangerang, Cipriana Murbihastuti. (eni)

Tangerang, PalapaNews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Klas II A Tangerang yang berlokasi di Jalan M Yamin, Kota Tangerang mengalami over kapasitas. Ini lantaran sebagian besar napi di Lapas menjalani kasus hukuman cukup lama.

Dari data terakhir, tercatat ada 377 warga binaan yang menghuni Lapas tersebut. Padahal kapasitas maksimum Lapas seluas 6 hektar ini hanya bisa diisi dengan 250 warga binaan.

“Banyak warga binaan yang terjerat kasus berat. Mereka harus menjalani masa hukuman yang lama. Sementara kapasitas Lapas tidak bertambah,” kata Kepala Lapas Klas II A Tangerang, Cipriana Murbihastuti.

Kondisi saat ini, diakuinya satu kamar diisi tiga sampai empat narapidana. Padahal kapasitas idealnya, menurut dia untuk satu atau dua narapidana.

“Apalagi kalau sedang ada kiriman dari Rutan Pondok Bambu, banyak juga warga binaan yang harus tidur diluar,” Ciprina Murbihastuti menambahkan.

Untuk mensiasati over kapasitas, Murbi mengatakan, pihaknya menggunakan kasus tingkat untuk memaksimalkan tempat yang ada.

Murbi menambahkan, saat ini jumlah seluruh staf Lapas Wanita ada 97 orang. Angka ini sangat jauh dari ideal. Harusnya, jumlah personel pengamanan saja ada 50 orang.

Untuk tahun ini ada 10 orang personel yang akan pensiun. Harus ada penambahan SDM secepatnya. (eni)

Komentar Anda

comments