DBMDSA Kota Tangsel Sosialisasi Program & Kegiatan

oleh -
Kepala UPT Wilayah I, Perwakilan DBMSDA Tangsel dan Camat Pamulang saat sosialisasi Program dan Kegiatan di Kecamatan Pamulang. (kie)
Kepala UPT Wilayah I, Perwakilan DBMSDA Tangsel dan Camat Pamulang saat sosialisasi Program dan Kegiatan di Kecamatan Pamulang. (kie)
Kepala UPT Wilayah I, Perwakilan DBMSDA Tangsel dan Camat Pamulang saat sosialisasi Program dan Kegiatan di Kecamatan Pamulang. (kie)

Tangsel, PalapaNews — Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan sosialisasi program dan kegiatan kedinasan di seluruh kecamatan. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat tahu dan turut memantau pelaksanaan kegiatan yang dilakukan DBMSDA.

Salah satunya, kegiatan sosialisasi program yang dilakukan di Aula Kecamatan Pamulang, Kamis (24/3/2016) lalu. Selain sosialisasi rencana program kegiatan, dalam kegiatan itu juga dilakukan evaluasi terkait program kegiatan yang sudah dilakukan pada tahun anggaran 2015 lalu.

“Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat tahu apa saja yang akan dikerjakan oleh DBMSDA di lingkungannya masing-masing. Kita lihat dan evaluasi apa saja yang sudah dilakukan di 2015 dan akan memaparkan apa saja yang akan dilakukan di 2016,” kata Camat Pamulang, Deden Djuardi.

Dirinya berharap jalanan yang sudah ada bisa diperbaiki semua, sehingga menjadi layak untuk dilewati. “Mudah-mudahan sedikit demi sedikit banjir di wilayah Pamulang juga dapat diatasi,” harapnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Wilayah 1 Pamulang dan Setu, Savlina Wati menyampaikan bahwa sosialisasi kegiatan untuk anggaran 2016 ini merupakan perpanjangan tangan dari DBMSDA. “Kami UPT yang terdiri dari 15 personil melakukan penanganan maupun pengawasan di lapangan. Tujuan kami melakukan kegiatan ini untuk memaparkan apa saja yang akan kami kerjakan di tahun 2016 ini,” tandasnya.

Melalui kegiatan itu, UPT Wilayah 1 menurutnya meminta masukan juga dari masyarakat agar pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Diketahui, untuk Kecamatan Pamulang terdapat 168 paket jalan lingkungan yang terdiri dari 3 jenis konstruksi, yakni pengerasa beton, aspal dan paving blok. Sedangkan Drainase terdapat 87 paket dengan 2 jenis konstruksi yakni pasangan batu dan u-dicth yang salurannya bisa tertutup maupun terbuka.

“Dalam mewujudkan kelancaran, setelah terbangun saya memohon kepada masyarakat dapat dijaga dan dipelihara agar yang telah dibangun dapat berfungsi sesuai dengan baik,” terang Savlina.

Sementara Kepala Bidang Sumber Daya Air DBMSDA Tangsel Aji Awan menjelaskan bahwa pihaknya memiliki tugas merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan program dan kegiatan SDA.

“Kami harus melakukan semua tupoksi, saat ini saya menyampaikan apa saja yang akan diperbaiki untuk mengurangi terjadinya banjir,” paparnya.

Dia mengatakan untuk wilayah kecamatan Pamulang banyak dilintasi anak kali. Seperti kali Cisadane, Angke, dan Pesanggrahan. Menurutnya terdapat 31 blok banjir di Tangsel, pihaknya telah melakukan beberapa penanganan sejak tahun 2012.

“Untuk tahun 2016 ini terdapat 13 lokasi penanganan kegiatan fisik. Seperti perbaikan kali, perbaikan inlet kali, perbaikan engram gintung, pembuatan turap, perbaikan saluran, dan pembangunan main drain,” jelasnya.

Namun, Cibenda Hulu dan Kedaung Hulu akan menjadi fokus penanganan banjir di Tangsel. Kedua lokasi yang ada di Pamulang ini menjadi prioritas. Secara bertahap DBMSDA akan menangani seluruh blok banjir di Tangsel.

“Kita akan melakukan pemeliharaan dan normalisasi kali. Sepanjang kali Kedaung sampai Setu, untuk berupaya semaksimal mungkin. Dari lama genangan dan tinggi genangan air kita akan turunkan secara bertahap. Memang banyak kendala, tapi kita akan berusaha semaksimal mungkin,” jelasnya. (adv)

Komentar Anda

comments