Minat Perusahaan di Tangsel Gabung Forum CSR Masih Rendah

oleh -
Rapat Forum CSR dengan Pemkot Tangsel. (man)
Rapat Forum CSR dengan Pemkot Tangsel. (man)
Rapat Forum CSR dengan Pemkot Tangsel. (man)

Tangsel, PalapaNews- Serapan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di Tangsel tergolong masih kecil. Dari 1000-an perusahaan yang ada hanya 200 perusahaan yang tergabung dalam Forum CSR Kota Tangsel.

Kepala Kantor Penanaman Modal Daerah (KPMD) Tangsel Oting Ruhiyat mengatakan, hingga kini program CSR yang memberikan wadah bagi perusahaan masih sangat kecil. Padahal, kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan.

“Kami undang peserta baru untuk bisa bergabung sehingga program kegiatan CSR mereka bisa disalurkan ke Forum CSR Tangsel,” ujarnya di Resto Remaja Kuring, Serpong, Selasa (22/3/2016).

Sementara progam utama Forum CSR adalah untuk pembangunan rumah, sebagaimana masih banyak rumah tidak layak huni sedangkan pertumbuhan pembangunan kota cukup meningkat. Oting melihat ada ketimpangan makanya harus dibantu dari pihak swasta.

“Ironis jika di Tangsel masih banyak rumah tak layak huni, sedangkan pemerintah sendiri anggarannya terbatas. Maka melalui Forum CSR ini sebagai jembatan untuk melakukan pemerataan pembangunan,” katanya.

Tahun 2015, berbagai kegiatan sudah dilakukan dan diestimasikan kurang lebih mencapai Rp 5 miliar. Oting menyebut nominal itu dalam bentuk kegiatan belum ada satu persennya. Dapat diartikan belum sepenuhnya maksimal.

Ketua Forum CSR Tangsel Ali Samson Pane menegaskan perogram yang sudah digerjakan di tahun-tahun sebelumnya ada pendidikan, kesehatan, sosial budaya agama, dan pemberdayaan masyarakat juga ada pengembanga ekonomi dan kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Pemerintah memiliki program peningkatan SDM maka Forum CSR sudah menjalankan dengan beasiswa, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan serta pelatihan-pelatihan bagi tenaga pendidik.

“Seperti yang sudah kami lakukan akan tetap fokus bagaimana Forum CSR ini dapat bersinergi dengan Ibu Walikota melalui program pemerintah,” pungkasnya. (man)

Komentar Anda

comments