DPRD: Jadi BLUD, RSU Tangsel Bisa Lebih Maju

oleh -
Gedung RSU Kota Tangsel. (dok)
Gedung RSU Kota Tangsel. (dok)

Tangsel, PalapaNews — Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Hal ini dinilai menjadi kesempatan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan menjadi BLUD, tentu pelayanan akan lebih baik. Karena pengelolaannya dilakukan secara mandiri, tak lagi bergantung kepada Dinas Kesehatan,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Mohamad Saleh Asnawi.

Politisi Partai Hanura ini menambahkan, RSU Kota Tangsel punya kesempatan lebih untuk terus mengembangkan rumah sakit. Pengadaan barang sesuai kebutuhan rumah sakit pun bisa terpenuhi tanpa ada kendala.

“Kalau sudah seperti ini, jelas pihak RSU pun bia melengkapi fasilitas yang selama ini kurang dengan cara mandiri. Karena semua pengelolaannya dikella secara mandiri,” ungkapnya.

Sekretaris Komisi II DPRD Tangsel, Muhammad Aziz, mengatakan, ada banyak keuntungan dengan menjadikan RSUD sebagai BLUD. Yaitu transparansi dalam pengelolaan keuangan sudah pasti terlihat.

“Tata kelola keuangan RS lebih baik dan transparan karena menggunakan pelaporan standar akutansi keuangan yang memberi informasi tentang laporan aktivitas, laporan posisi keuangan, laporan arus kas dan catatan laporan keuangan,” ujarnya.

Pendapatan RS dapat digunakan langsung tidak disetor ke kantor kas daerah, hanya dilaporkan saja. “Dengan kemandirian seperti ini tentunya harus bisa lebih maju lagi dari rumah sakit swasta yang ada,” tuturnya.

Keuntungan lainnya, kata dia, yaitu membantu RSU meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dengan perekrutan yang sesuai kebutuhan dan kompetensi.

“Karena sudah jelas standaranya  itu kalau sudah menjadi BLUD, harus sesuai dengan kebutuhan kompensi. Tidak boleh sembarangan. Semoga jauh lebih baik kedepannya,” ujarnya. (jok)

Komentar Anda

comments