Dinkes Tangsel Bakal Siapkan Mobil USG Mamografi Keliling

oleh -
drg Khairati (kiri), Sekretaris Dinkes Tangsel. (dok)
drg Khairati (kiri), Sekretaris Dinkes Tangsel. (dok)
drg Khairati (kiri), Sekretaris Dinkes Tangsel. (dok)

Tangsel, PalapaNews — Kabar baik untuk warga Tangerang Selatan (Tangsel). Dinas Kesehatan setempat bakal menyediakan mobil USG Mamografi untuk pemeriksaan penyakit kanker payudara.

Nantinya, mobil tersebut akan disediakan di sejumlah Pusat Layanan Kesehatan (Puskesmas) yang ada di Tangsel. Soal biaya, tak perlu khawatir lantaran gratis.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangsel drg Khairati mengatakan, penyediaan mobil pendeteksi dini pencegahan kanker payudara itu hasil kerjasama dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Ia mengaku, langkah itu sebagai bagian dari upaya Pemkot Tangsel untuk memberikan pemahaman dan deteksi dini atas penyakit yang merupakan kategori berbahaya nomor dua setelah kanker serviks untuk kaum wanita.

“Ya kami terima kerjasama ini. Mereka sediakan mobilnya, kami fasilitasi tempat dan ijinnya. Karena rumah sakit milik Pemkot Tangsel belum memiliki alat tersebut,” ujarnya.

Sambil menunggu jadwal operasional mobil USG Mamografi tersebut, pihaknya akan memberitahukan kepada Puskesmas untuk mendata masyarakat yang ingin memeriksa baik yang sudah terdeteksi awal untuk diketahui secara pasti tentang penyakit tersebut.

Pada dasarnya, sosialisasi tentang pemahaman penyakit secara rutin dilaksanakan pihaknya melalui promosi kesehatan untuk semua jenis penyakit baik yang menular maupun tidak, yakni berada di bidang promosi kesehatan.

“Kami juga terus adakan sosialisasi ke masyarakat, setiap tahun ada dalam rangka pencegahan,” terangnya. (man)

Komentar Anda

comments