Tahapan Pilgub Banten Dimulai April 2016

oleh -
Ilustrasi. Foto: Ist

Tangsel, PalapaNews — Komisi Pemilihan Umum (KPU) di delapan kota/kabupaten Banten diminta bersiap. Pasalnya, tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten bakal dimulai April 2016 nanti.

“Tahapan sudah dimulai sejak April, karena pencoblosan pun sudah ditetapkan pada 15 Februari,” kata anggota KPU Provinsi Banten, Agus Supadmo.

Tahapan awal yang akan dipersiapkan, menurutnya yakni menyusun program dan juga penganggaran. Sehingga masing-masing KPU kabupaten/kota termasuk Tangsel juga diminta untuk mempersiapkan kebutuhan anggaran pada Pilgub nanti.

“Tahapan selanjutnya yang sangat penting, dan harus benar-benar disiapkan dengan sangat teliti ialah Data Agregat Kependudukan (DAK). Karena ini terkait dengan DPT  (Daftar Pemilih Tetap) Pilgub,” tandasnya.

Tidak hanya itu saja, nanti KPU Tangsel juga harus melakukan kembali perekrutan terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap kelurahan. Karena PPS sebelumnya hanya sampai pada tahapan Pilkada saja.

Ketua KPU Tangsel, Moh Subhan mengatakan soal kebutuhan data pemilih pihaknya akan melakukan sinkronisasi dengan data DAK baru dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, dengan DPT Pilkada Tangsel 2015 kemairn.

“Soal data pemilih, nanti tinggal kita sinkronkan dengan DAK baru dari Disdukcapil. Berapa jumlah pemilih potensial yang baru, dan kita validasi lagi data pemilih yang sebelumnya sudah terdata,” tuturnya. (jok)

Komentar Anda

comments