Kartu Identitas Anak Segera Berlaku di Tangsel

oleh -
Kartu Identitas Anak. (ist)
Kartu Identitas Anak. (ist)
Kartu Identitas Anak. (ist)

PalapaNews- Selain sosialiasi KTP EL berlaku seumur hidup, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) juga menyiapkan teknis dan pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

Diketahui, Kartu Identitas Anak atau KIA dikeluarkan untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak sebagai warga negara.

“Kami sedang persiapkan, rekap berapa jumlah anak yang akan mendapatkan kartunya, pengadaan kartunya dan pelaksanaan teknisnya,” ujar Toto Sudarto, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel.

KIA merupakan identitas resmi anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah. Rencananya pemerintah akan memberlakukan KIA di 50 kabupaten/kota se-Indonesia pada tahun ini. Namun pihaknya belum mengetahui apakah Kota Tangsel termasuk di dalamnya atau tidak.

Diketahui pemberian KIA ini bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik. Selain itu juga sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

“Ada dua jenis identitas anak yakni KIA untuk anak yang berusia 0 sampai dengan 5 tahun dan KIA untuk anak yang berusia 5 sampai dengan 17 tahun,” jelasnya. (man)

Komentar Anda

comments