Kunjungi Tangerang, Risma Berbagi Pengalaman

oleh -

Kunjungi Tangerang, Risma Berbagi Pengalaman

Walikota Tangerang, pejabat serta para pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kedatangan tamu istimewa saat melakukan rapat evaluasi bulanan. Tamu istimewa tersebut adalah Walikota terpilih Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Ketika Risma memasuki ruang akhlakul karimah langsung disambut riuh teput tangan dari peserta rapat.

“Hari ini kita kedatangan tamu istimewa, yang datang jauh dari ujung timur jawa,” ujar Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

“Sungguh kesempatan luar biasa kita bisa mendengarkan pengalaman beliau selama memimpin Kota Surabaya,” imbuhnya.

Selanjutnya, Risma sapaan akrab Tri Rismaharini, dalam menyampaikan berbagai pengalamannya dalam mengurus Kota Surabaya. “Bapak, Ibu jadi PNS itu beruntung banget, karena kalau mau beramal ya disini tempatnya,” ucap Walikota Terbaik Dunia 2015.

“Karena kita (PNS) bisa berbuat dan bermanfaat untuk orang lain kapanpun,” sambungnya.

Sosok Risma yang tampil dengan stelan baju batik dan kerudung khasnya seolah telah menghipnotis para peserta rapat yang merupakan para pejabat dari eselon IV sampai eselon II di lingkup Pemkot Tangerang.

“Saat ini, persaingan itu bukan lagi Surabaya dengan Tangerang, atau Tangerang dengan Medan, tapi kita saat ini bersaing dengan seluruh masyarakat Asean, kalau kita enggak bisa survive kita hanya akan jadi penonton. Apakah kita jadi penonton apa jadi pemenang tergantung kita (aparat),” Tegasnya.

Dikatakan Risma, masyarakat tidak mau tahu bahwa kita telah kerja jungkir balik, tapi mereka tahunya tidak ada banjir, tidak macet, sekolah enggak bayar, rumah sakit gratis.

“Makanya kalau di Surabaya, kalau saya ditanya puas atas apa yang sudah dicapai, saya tidak pernah puas,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Risma juga menyampaikan berbagai pengalamannya menata Kota Surabaya yang penduduknya 3 juta jiwa lebih. Selama lebih dari satu jam Risma bercerita bagaimana dia bersama jajarannya membuat berbagai aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan publik.

“Orang Surabaya itu aneh-aneh, kita sudah menggratiskan biaya kesehatan, namun ada ibu-ibu yang ngeluh biaya transportasi ke rumah sakit, namun mereka ternyata enggak kehilangan akal karena ambulan disana gratis akhirnya tiap kali mau priksa ke rumah sakit mereka itu pakai ambulan,” ucapnya yang disambut tepuk tangan para peserta rapat.

Risma juga bercerita mengenai pengalamannya membuat taman-taman kota. “Saya dulu sempet nutup taman karena dipake pacaran, tapi sekarang taman sudah saya pasangi cctv yang bisa ngezoom sampai dalam mobil, jadi foto yang pacaran kita pajang sebagai sangsi sosial,” tuturnya.

Seusai rapat, Risma ditemani Walikota Tangerang juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Taman Potret dan TPA Rawa Kucing, untuk kemudian menuju Bandara Soekarno Hatta untuk kembali ke Surabaya.(*)

Komentar Anda

comments