BPK Bakal Audit Anggaran KPU Tangsel

oleh -
Ketua KPU Kota Tangsel, Mochamad Subhan. (dok)
Ketua KPU Kota Tangsel, Mochamad Subhan. (dok)

PalapaNews- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akhir Februari 2016 nanti bakal diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Adapun pemeriksaan terhadap penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan skala lokal ini, merupakan bentuk pertanggungjawaban terkait anggaran Pilkada Tangsel.

“Informasinya sih begitu, akan diperiksa, pas saya tanya stap saya, katanya akhir Februari ini,” kata Ketua KPU Kota Tangsel, Mohamad Subhan di Serpong, Senin (1/2/2016) kemarin.

Ditanya terkait pemeriksaan yang akan dilakukan BPK, Subhan menjelaskan bahwa pemeriksaan terkait pemanpaatan dan pertanggungjawaban masalah anggaran selama persiapan hingga pelaksanaan Pilkada Kota Tangsel berlangsung.

“Obyeknya laporan keuangan pelaksanaan Pilkada Tangsel 2015 yang baru lalu,” ucapnya.

Diketahui, anggaran yang digelontorkan untuk pelaksanaan Pilkada Tangsel sejak Februari 2015 hingga Januari 2016 ini, KPU menghabiskan anggaran mencapai Rp60 miliar. Anggaran tersebut, lanjut Subhan, menggunakan APBD Tangsel tahun 2015.

Subhan menambahkan, BPK tak hanya akan memeriksa KPU Tangsel saja. Akan tetapi, pemeriksaan yang dilakukan BPK dilakukan kepada masing-masing KPU yang ada di Provinsi Banten yang ikut menyelenggarakan Pilkada serentak pada 2015 lalu.

“Kita juga belum tahu, apa nantiĀ  pemeriksaan terhadap KPU dilakukan dari BPK-RI atau BPK Provinsi. Yang jelas semua inikan pertanggungjawaban penyelenggara Pilkada,” tandasnya. (hen)


Komentar Anda

comments