Puluhan Guru SD di Tangsel Ikut Pelatihan PAKEM USAID

oleh -
Peserta pelatihan PAKEM berdiskusi. (ist)
Peserta pelatihan PAKEM berdiskusi. (ist)
Peserta pelatihan PAKEM berdiskusi. (ist)

PalapaNews- Puluhan guru sekolah dasar (SD) dari gugus 19 Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti pelatihan diseminasi PAKEM yang digelar USAID PRIORITAS di SD Mentari School pada 29-31 Januari lalu.

Terhitung guru dan kepala sekolah dari 12 SD di gugus 19 Kecamatan Pondok Aren ikut serta yakni SDN Pondok Jaya 01, SDN Pondok Jaya 02, SDN Pondok Jaya 03, SDN Parigi 01, SDN Parigi 04, SDN Jurang Mangu Barat 02, SDI Amelia, SDK Penabur, SD Al Mubarak, SDIT Cordova, SDI Al Azhar Syifa Budi dan SD Mentari School.

“Total peserta ada 12 kepala sekolah dan 70 guru yang ikut serta pelatihan ini. Pelatihan ini dibiayai oleh dana BOS SD yang didukung oleh USAID PRIORITAS Banten,” ujar Ahmad Salim, Koordinator Kota Tangerang Selatan Banten di sela-sela pelatihan (31/1/2016).

Pelatihan tersebut, menurutnya merupakan diseminasi pelatihan PAKEM untuk guru tingkat SD/MI. Ini dilakukan agar mereka  mampu menerapkan pembelajaran yang mendorong siswa aktif dan kreatif di kelas.

Materi yang disampaikan kepada peserta meliputi mengelola pembelajaran yang efektif, memahami kurikulum, melayani perbedaan individu dalam pembelajaran, menyusun pertanyaan tingkat tinggi dan lembar kerja, penilaian autentik, memahami gender di sekolah, literasi lintas kurikululm dan praktik mengajar. Di hari terakhir, peserta melaksanakan simulasi pembelajaran sehingga  mereka dapat menerapkan kembali PAKEM dalam kegiatan belajar mengajar selanjutnya.

“Peningkatan kompetensi dan keterampilan guru dalam menerapkan praktik pembelajaran yang baik perlu dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus agar esensi pembelajaran mampu mendorong siswa lebih aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan,” kata H. Hamdani, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Pondok Aren. (one)

Komentar Anda

comments