Jorok, Produk IKM Tempe di Tangsel Harus Halal dan Higienis

oleh -
Proses produksi tempe di Kedaung, Pamulang. (ist)
Proses produksi tempe di Kedaung, Pamulang. (ist)
Proses produksi tempe di Kedaung, Pamulang. (ist)

PalapaNews- Ratusan industri kecil menengah (IKM) khusus tempe di Kelurahan Kedaung, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal dibenahi. Ini dilakukan agar produk IKM masyarakat lebih higienis dan memiliki daya saing.

Kabid Perindustrian pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Ferry Payacun mengatakan ada 140 IKM khusus tempe di Kedaung yang bakal dirangkul. Nantinya, mereka bakal mendapat bantuan dari pemerintah daerah setempat.

“Selama ini kan kita ketahui kalau pengolahan tempe kurang higienis. Nantinya, selain mendapat bantuan berupa alat pengolahan tempe dan tungku pembakaran, Pemkot Tangsel akan menata kawasan tempat IKM itu berusaha,” katanya, Selasa (19/1/2016).

Dari 140 IKM tempe yang terdata, nantinya akan dibagi dalam 14 kelompok binaan. Melalui kelompok itu, nantinya Pemkot Tangsel akan memberi bantuan berupa kompor gas, penggilingan tempe yang standarisasi, serta alat-alat panci yang stenlis.

“Kita ingin merubah cara tradisional yang digunakan kearah yang lebih baik dengan memberikan alat-alat yang sesuai standar dari Badan Standarisasi Nasional (BSN),” katanya. (one)

Komentar Anda

comments