Titik Banjir di Kota Tangerang Diklaim Berkurang

oleh -
Ilustrasi, banjir di Kota Tangerang. (bbs)
Ilustrasi, banjir di Kota Tangerang. (bbs)
Ilustrasi, banjir di Kota Tangerang. (bbs)

PalapaNews- Pemkot Tangerang memastikan siap dalam menghadapi musim penghujan awal 2016 ini. Pasalnya, titik banjir di kota akhlakul karimah itu diklaim telah berkurang.

“Sebelumnya 13 titik, saat ini menjadi tinggal 8 titik. Kita sudah lakukan penurapan, pengerukan saluran dan rehabilitasi serta pembangunan embung di sejumlah wilayah untuk menghadapi musim hujan,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan SUmber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang, Nana, Selasa (19/1/2016).

Nana mengaku, pada 2015 lalu pihaknya telah mengerjakan pembangunan sumur resapan, pengerukan tiga embung yaitu, Embung Bugel, Embung Cimone dan Embung Periuk Jaya. Selain itu melakukan pengerukan di 73 lokasi saluran yang tersebar di 13 Kecamatan se-Kota Tangerang dengan menggunakan alat berat dan manual.

“Selain itu, kami juga melakukan pemeliharaan terhadap 160 pintu air dan 76 rumah pompa serta 8 unit pompa satelit, untuk mengantisipasi musim penghujan kali ini,” kata Nana.

Selain hal tersebut, untuk penganganan banjir kali ini pihaknya juga berencana membangun tandon air di wilayah Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh dengan luas  1.624,66 m2 dengan kapasitas 5.600 m3.

“Tandon atau embung di Cipondoh ini nantinya juga direncanakan memiliki dua fungsi, yaitu sebagai daerah tampungan air sekaligus ruang terbuka publik. Karena saat musim kemarau, dikawasan ini akan dibangun sejumlah fasilitas publik seperti lapangan futsal, voly dan areal bermain bagi warga sekitar,” jelasnya. (don)


Komentar Anda

comments