Pabrik Persandian Pertama Indonesia Ada di Tangsel

oleh -
Peresmian pabrik Persandian PT ICK di Taman Tekno Tangsel. (one)
Peresmian pabrik Persandian PT ICK di Taman Tekno Tangsel. (one)
Peresmian pabrik Persandian PT ICK di Taman Tekno Tangsel. (one)

PalapaNews- Indonesia resmi memiliki pabrik persandian pertama. Lokasinya di Komplek Taman Tekno BSD, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang baru diresmikan Senin (21/12/2015).

Pabrik milik PT Indoguardika Cipta Kreasi (ICK) ini memproduksi perangkat keras dan lunak untuk melindungi perangkat komunikasi dari sadap atau peretas. Semua alat canggih anti sadap diciptakan di pabrik yang dikelola anak bangsa ini.

“Ada SMS, voice, chat, telepon, alat pengacak sinyal, sampai hate anti sadap. Kami sudah ciptakan dari tahun 2014,” ungkap Agung Setya Bhakti, Direktur Umum PT ICK, saat ditemui di pembukaan pabrik perusahannya.

Menurutnya, ada sekitar seratus anak bangsa yang dipekerjakan. Itu pun belum dihitung para mahasiswa yang dipekerjakan menjadi programer di sejumlah kota-kota besar, seperti Yogyakarta, Surabaya dan Bandung.

“Saya datang ke kampus-kampus, mencari bakat-bakat terpendam programmer. Ternyata sangat banyak, mereka sangat cerdas. Bagi yang bersedia ikut, langsung saya rekrut,” kata Agung.

ICK berhasil memproduksi berbagai alat komunikasi anti sadap dan juga pemecah sandi. Bahkan, perusahaan besar asing yang berdiri megah di berbagai negara tetangga sudah menggunakan anti sadap milik ICK.

“Kemarin lagi pameran di Jerman, ada perusahaan asal Asia yang memakainya. Juga ada beberapa di Timur Tengah, di Indonesia pun sudah banyak,” kata Agung.

Dengan pengoperasian pabrik ini, ia berharap bisa memenuhi kreasi dari tangan anak bangsa. Serta mampu melahirkan alat canggih lainnya, demi melindungi Indonesia dari anti sadap.

“Saatnya Indonesia punya sendiri alatnya, jangan melulu dari produk luar. Kita tidak tahu alat itu dipasangi alat lagi atau tidak,” kata Agung. (one)

Komentar Anda

comments