Tangsel Sabet Penghargaan Indonesia Road Safety Award 2015

oleh -
Asda II Pemkot Tangsel (kanan) menerima penghargaan IRSA 2015. (ist)
Asda II Pemkot Tangsel (kanan) menerima penghargaan IRSA 2015. (ist)
Asda II Pemkot Tangsel (kanan) menerima penghargaan IRSA 2015. (ist)

PalapaNews- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015 kategori Kota Metropolitan Kecelakaan Lalu Lintas Terendah. Penghargaan diberikan lantaran Pemkot Tangsel dinilai sukses menekan angka kecelakaan di jalan.

Diketahui, pada IRSA 2015 ini terdapat 76 kota dan kabupaten yang tercatat sebagai finalis. Seluruh finalis yang terdaftar bakal disurvei dan observasi lapangan langsung. Ini dilakukan untuk memilih 12 daerah terbaik.

Usai terpilih 12 daerah finalis, peserta diminta mempresentasikan penerapan road safety di depan juri. Penghargaan ini disebutkan merupakan wujud apresiasi terhadap kota atau kabupaten, yang menerapkan tata kelola keselamatan di jalan terbaik.

“Ini (penghargaan IRSA 2015) bisa menjadi motivasi bagi kami (Pemkot Tangsel) untuk selalu mewujudkan tatanan lalu lintas jalan raya yang aman bagi masyarakat,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Sukanta, Kamis (3/12/2015).

Ia menambahkan, untuk mewujudkan tertib lalu lintas di kota berpenduduk 1,45 juta jiwa ini perlu keterlibatan seluruh pihak, terutama masyarakat. “Tentu dalam hal ini butuh partisipasi dan dukungan dari masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Chief Executive Officer PT Asuransi Adira Dinamika Indra Baruna mengatakan, IRSA 2015 tidak hanya sebagai penghargaan simbolis saja. Namun, terdapat wujud nyata dari penerapan tata kelola keselamatan di jalan yang dievaluasi, bagi para finalis.

“Kegiatan ini tidak hanya sebuah penghargaan belaka. Namun, terdapat hal penting, yaitu evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi seluruh Kota/Kabupaten. Hasil evaluasi tersebut meliputi program berjalan dari masing-masing kota atau kabupaten, yang perlu terus ditingkatkan, serta program prioritas kedepan yang diperoleh dari hasil survei dan observasi,” ujarnya.

Kata dia, evaluasi yang dilakukan ini, akan menjadi aset penting bagi masing-masing daerah, agar bisa terus membenahi tata kelola keselamatan jalannya. Hal tersebut diharapkan, akan berdampak pada penurunan angka kecelakaan di jalan raya.

“Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi inspirasi bagi kota dan kabupaten lainnya di seluruh Indonesia. Sehingga kualitas tata kelola keselamatan jalan di setiap daerah akan semakin baik, dan diharapkan bisa menekan angka kecelakaan di jalan,” tandasnya. (one)

Komentar Anda

comments