Meningkatkan Kualitas Kerja Melalui Disposisi Batin

oleh -
Rasulius Eka.
Rasulius Eka.
Rasulius Eka.

KOTA Tangerang Selatan merupakan kota yang tengah tumbuh, berkembang, dan menjadi dewasa karena perubahan. Dalam kenyataannya, Kota Tangerang Selatan ibarat bayi yang lahir dan tumbuh dengan begitu cepat. Tidak sedikit masyarakat Kota Tangerang Selatan sendiri yang tidak percaya akan perubahan yang terjadi saat ini. Jalan-jalan sudah menjadi lebar. Pusat-pusat perbelanjaan menjamur. Dan yang paling penting, entah disadari atau tidak, kesejahteraan masyarakatnya sudah semakin meningkat. Pada kenyataanya kini, Kota Tangerang Selatan sudah menjadi adik dari pada jantung Ibukota Jakarta yang mampu menyangga perubahan baik dari segi infrastruktur maupun pelayanan kepada masyarakat.

Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Tangerang Selatan

Sebagai sebuah kota yang dikenal dengango green dan kota hijau, tidaklah berlebihan jika kita mengenal dan menggali lebih dalam mengenai sebuahlembaga yang seakan kurang begitu dikenal di hati masyarakat secara umum. Bahkan dalam beberapa perjumpaan dan percakapan dengan masyarakat awam, banyak yang menanyakan apa itu BLHD? Apa peran dan fungsi BLHD?

Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Tangerang Selatan merupakan sebuah lembaga Pemerintahan yang bertanggungjawab akan segala bentuk perubahan lingkungan yang terjadi dalam ruang lingkup wilayah Kota Tangerang Selatan itu sendiri. Badan Lingkungan Hidup Daerah juga merupakan sebuah lembaga Pemerintahan yang memiliki peran dan fungsi untuk menjaga, mengatur, dan mengawasi akan perubahan, pemanfaatan, dan pengelolaan lingkungan yang terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Tangerang Selatan Dr Rahmat Salam, M.Si menegaskan, “hendaknya setiap insan Kota Tangerang Selatan sadar dan aktif turut serta menjaga, merawat dan mengawasi lingkungan Kota Tangerang Selatan untuk tetap menjadi Kota Hijau.”

Dalam mewujudkan cita-cita tersebut, Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Tangerang Selatan telah mewujudnyatakan dalam berbagai program kegiatan yang telah dirangkum sesuai dengan bidang-bidangnya.

Bidang Konservasi
Merupakan bidang yang bertanggungjawab akan kelestarian alam. Bidang konservasi memiliki tugas dalam menjaga, merawat, dan terus mengupayakan lingkungan Kota Tangerang Selatan untuk tetap hijau. Berbagai program kegiatan telah dilaksanakan oleh bidang konservasi, di antaranya: penghijauan median jalan, pengadaan sumur resapan, pengadaan lubang biopori, juga program penanaman 1 miliar pohon setiap tahunya.

Bidang Info
Merupakanbidang yang bertanggungjawabuntukmenyebarkaninformasikepadamasyarakat Kota Tangerang Selatan akanpentingnyamenjagaekosistemdankeseimbanganalam. Tidakadahentinyabidang infomenyebarkaninformasikepadasetiapstakeholder( sekolah, kelurahan, kecamatan melalui pelatihan dan sosialisasi untuk terus menjaga dan merawat lingkungan sekitar.

Bidang Wasdal
Merupakan bidang yang bertugas mengawasi terjadinya dampak yang ditimbulkan akibat adanya pengelolaan lahan.

Bidang Pengkajian
Bekerjasama dengan bidang wasdal, bidang pengkajian bertanggungjawab untuk mengkaji akan terjadinya pemanfaatan lingkungan yang diperuntukan sebagai lokasi usaha. Bidang pengkajian dan wasdal bekerjasama untuk senantiasa memegang peranan utama dalam berbagai perijinan pemanfaatan lahan dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kegiatan usaha tidak mengganggu ekosistem alam.

Pembagian bidang-bidang di atas tentu bukan tanpa alasan. Dalam upaya mengendalikan lingkungan agar tetap terjaga keseimbanganya, Badan Lingkungan Hidup membaginya sesuai Kompetensi masing-masing bidang yang mengacu pada kemampuan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Kompetensi masing-masing bidang mengacu pada kompetensi professionalitas. sebagai contoh : Bidang Konservasi (melalui laskar lingkungan) memiliki orang yang berkompeten dalam hal menjaga, merawat, dan mengembangkan tanaman. Bidang Info memiliki tenaga yang berkompeten dalam penyampaian informasi. Bidang Wasdal dan Pengkajian memiliki tenaga yang kompeten dalam pengawasan dan pengendalian akibat dampak pengelolaan lingkungan.

Disposisi Batin
Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Dr Rahmat Salam, Msi tidak henti-hentinya memberikan disposisi batin berdasar kompetensi yang dimiliki masing-masing bidang sesuai karakter dalam tugas dan pelayananya.

Pembekalan disposisi batin merupakan pembentukan Karakter yang mengacu pada kompetensi personal dan sosial dalam upaya peningkatan kualitas kerja Badan Lingkungan Hidup Daerah. Disposisi batin yang dimaksud juga bertujuan agar kompetensi personal memuat kepribadian yang utuh: berbudi luhur, jujur, dewasa, bermoral, disiplin, tanggungjawab, peka, obyektif, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain, kreatif, kritis, reflektif, mau belajar sepanjang hayat, dapat mengambil keputusan.

Disposisi batin dimaksudkan agar supaya Badan Lingkungan Hidup menjadi sebuah lembaga pemerintahan yang  memiliki karakter. Sebuah lembaga pemerintahan yang mampu menopang perjalanan Kota Tangerang Selatan yang mandiri, madani dan modern. Sesuai dari cita-cita Kota Tangerang Selatan untuk menjadi Kota yang cerdas, modern dan religius. Dan semoga dengan mengenali masing-masing posisi batin kita, kita berharap dapat menata dan membangun disposisi batin yang jernih, agar terjalin relasi yang dialogis, demokratis dan saling membantu sesama tenaga pemerintahan. Semoga. (*)

Penulis: Rasulius Eka Tri Panca S, Tenaga BLHD

Komentar Anda

comments