Pemkot Tangsel Dorong Koperasi Sejajar dengan Perusahaan

oleh -
Kegiatan Fasilitasi Tim Kerja Sensus K-UMKM di Serpong. (man)
Kegiatan Fasilitasi Tim Kerja Sensus K-UMKM di Serpong. (man)
Kegiatan Fasilitasi Tim Kerja Sensus K-UMKM di Serpong. (man)

PalapaNews- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Koperasi dan UKM terus mengembangkan potensi koperasi. Salah satunya, melalui Sensus Koperasi yang dilaksanakan secara berkala.

Dari data Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, hingga saat ini sudah ada 440 koperasi yang telah berbadan hukum resmi. Dengan modal itu, koperasi yang ada didorong untuk meningkatkan grade agar mampu bersaing.

“Koperasi di Tangsel harus didorong supaya bisa bersaing dengan perusahaan lainnya. Dengan berdaya saing yang positif, menjadi koperasi yang lengkap dan siap ditunjang SDMnya,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Warman Syanudin ditemui usai kegiatan pengembangan jaringan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Remaja Kuring, Kota Tangsel, Senin (2/11/2015).

Dari hasil sensus yang dilakukan, menurunya akan diketahui apa saja permasalahan yang terjadi. Misalnya menambah pelatihan atau kantor yang harus terlihat oleh masyarakat umum.

“Apalagi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), koperasi harus siap bersaing. Dengan memiliki branding dan packaging yang baik dan menarik tentunya,” terang Warman.

Sementara, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menyatakan bahwas sensus ini digelar untuk mengetahui seberapa besar potensi ekonomi di Tangsel melalui koperasi.

“Ini juga sebuah upaya pemerintah Kota untuk mengetahui seberapa kuat ekonomi koperasi. Kita mendata jumlahnya dan kegiatan ekonomi yang ada didalamnya. Mudah-mudahan bisa menggali potensi untuk koperasi yang ada,” tukas Ben.

Menurut Benyamin, fungsi perdagangan dan jasa keluaran yang sesungguhnya berasal dari dunia koperasi. Diharapkan kedepan, bukan saja bisa menampung anggota koperasi, tapi bisa mendorong ekonomi masyarakat Tangsel. (man)

Komentar Anda

comments