Masjid Raya Al I’tizom Jadi Titik Nol Kota Tangsel

oleh -
Peletakan batu pertama Masjid Raya Al I'tizom di KP2KTS. (one)

PalapaNews.com- Pada 2016 nanti, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) bakal membangun menara di Masjid Raya Al I’tizom di Kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangsel (KP2KTS), Ciputat. Menara itu, nantinya menjadi titik nol kota berpenduduk 1,45 juta tersebut.

“Untuk pembangunan menara yang merupakan titik nol Tangsel, akan dibangun di 2016. Nantinya menara tersebut dilengkapi dengan fasilitas lift,” kata Kepala Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman Kota Tangsel, Dendy Priyandana usai peletakan batu pertama Masjid Al I’tizom, Rabu (28/10/2015).

Pembangunan Masjid Raya Al I’tizom, menurut Dendy dilakukan dua tahap. Untuk tahap pertama, dilakukan pembangunan fisik masjid. Sedangkan tahap kedua, pembangunan menara dan dekorasi gedung.

“Masjid ini terdiri dari dua lantai, dengan luas 80 x 80 meter. Masjid ini dapat menampung sebanyak 1400 jamaah di lantai bawah dan 350 jamaah di lantai atas,” ungkapnya.

Dendy mengklaim, konsep masjid tersebut ramah lingkungan. Nantinya, bangunan masjid memiliki banyak pencahayaan dari desain interior mihrab yakni peletakan bukaan pada kisi-kisi beton sengahan dibuat guna memasukan cahaya matahari lebih banyak.

“Untuk arah kiblat sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama,” katanya seraya mengaku anggaran pembangunan masjid sebesar Rp7,03 miliar dari APBD 2015 Kota Tangsel. (one)

Komentar Anda

comments