100 Pengusaha Dilibatkan Bangun Banten

oleh -
Ketua DPD RI, Irman Gusman. (bbs)
banner 300250
Ketua DPD RI, Irman Gusman. (bbs)
Ketua DPD RI, Irman Gusman. (bbs)

Palapanews- Industrialisasi di Banten harus berbanding lurus dengan kesejahteraan rakyat. Maka itu, tak kurang dari 100 pengusaha dilibatkan untuk membangun provinsi paling barat Pulau Jawa ini.

“Kita libatkan lebih dari 100 pengusaha biar bangun Banten sama-sama,” kata Ketua DPD RI Irman Gusman dalam Rapat Konsolidasi di Kota Tangerang, Selasa (29/9/2015).

Ia menilai, berkembangnya sektor industri di Banten tak berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat. Contohnya, di Kabupaten Lebak masih ada saja jembatan gantung.

“Melalui rapat ini kita undang berbagai stakeholder, seperti Kementerian PU, supaya jembatan gantung yang ada di Banten diselesaikan semua dengan membangun jembatan yang lebih bagus,” tandasnya.

DPD, kata Irman, akan mengarahkan kebijakan nasional didorong ke daerah. Banten banyak berkontribusi di hasil perkebunan dan ekspor, maka dana daerah yang kembali ke Banten juga harus sebanding.

“Ada 12.000 perusahaan industri di Banten, terutama bidang manufaktur. Contoh perusahaan seperti Krakatau Steel saja nilainya mencapai Rp75 triliun. Karena itu Industrialisasi di Banten harus berbanding lurus dengan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Irman mengatakan dalam membangun Banten, perlu ditelusuri permasalahan yang ada, karena itulah rapat konsolidasi daerah diselenggarakan untuk memetakan kebutuhan prioritas daerah dan menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang terjadi di daerah.

“Jadi kita harus koreksi ulang, apakah kita membangun Banten atau hanya membangun di Banten. Yang kita inginkan membangun Banten mulai dari warganya, adat istiadatnya, lingkungannya. Banten bisa menjadi Jakarta kedua. Saat ini Jakarta tidak punya lahan lagi, Banten bisa jadi mitra yang strategis,” paparnya. (nai)

Komentar Anda

comments