Tiga Situ di Tangsel Akan Dibenahi

oleh -
Kepala DBMSDA saat meninjau Situ Ciledug.(ist)
Kepala DBMSDA saat meninjau Situ Ciledug.(ist)
Kepala DBMSDA saat meninjau Situ Ciledug.(ist)

Palapanews- Sebanyak tiga situ yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan segera dibenahi. Tiga situ itu, antara lain Situ Pamulang dan Ciledug di Pamulang dan Situ Rawa Kutuk di Serpong Utara.

“Normalisasi akan dilakukan Kemen PU (Kementerian Pekerjaan Umum) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC),” kata Kabid Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel, Ade Suprijal.

Pemkot Tangsel, diakuinya sudah berkoordinasi dengan Kemen PU terkait pelaksanaan normalisasi tiga situ tersebut. Kabar terakhir, kata dia, kontrak pelaksanaan proyek normalisasi sudah ditandatangani.

“Kalau kontrak sudah ditandatangani, proses pengerjaan pun bisa dilakukan dalam waktu dekat. Harapannya seperti itu,” katanya menjelaskan.

Selain koordinasi dengan Kemen PU, ia mengaku Pemkot Tangsel juga sudah koordinasi dengan Pemprov Banten. “Situ-situ yang ada akan dikembalikan lagi fungsinya sebagai daerah tangkapan air,” Ade menambahkan.

Kepala DBMSDA Kota Tangsel Retno Prawati menambahkan sebagai daerah yang ditempati situ-situ tadi, Pemkot Tangsel diakuinya tak mau kecolongan dengan ulah sebagian masyarakat yang merusak situ. Pengawasan, menurutnya tetap dilakukan.

“PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) dari Kemen PU pun sudah rajin turun ke situ-situ yang ada di Tangsel. Ini baik, agar kondisi situ di Tangsel tetap terjaga dan terpelihara sebagai daerah resapan,” tandasnya.(fit)

Komentar Anda

comments