BATAN Mau Bangun PLTN Mini di Tangsel

oleh -
Pegawai Batan menjelaskan tentang perangkat yang ada di ruang reaktor.(ist)
Pegawai Batan menjelaskan tentang perangkat yang ada di ruang reaktor.(ist)
Pegawai Batan menjelaskan tentang perangkat yang ada di ruang reaktor.(ist)

Palapa News- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bakal membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Kalau konsepnya sudah ada, kita sampaikan ke Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Nuklir). Kalau sudah oke, baru bisa dibangun. Selama proses pembangunan, kita juga terus berkoordinasi dengan Bapeten,” kata Kepala Bidang Kajian Infrastruktur Sistem Energi Nuklir BATAN, Suparman.

Ia mengaku lab yang bakal dibangun itu bakal menghasilkan 10 mega wat termal. Jika diubah atau dikonvesrikan ke listrik menjadi sepertiganya, yakni mencapai 3,5 mega wat atau 3,5 juta wat.

“Ini akan menjadi prototype atau PLTN Mini. Untuk sementara listrik yang dihasilkan tidak dikomersilkan, hanya akan menjadi konsumsi untuk kawasan Puspiptek,” beber Suparman.

Kepala Sub Bidang Elektrik BATAN Cahyana menambahkan sistem reaktor yang digunakan untuk PLTN dan reaktor milik BATAN yang sudah ada, serupa. Hanya saja, fungsinya yang akan dibuah.

“Fungsi panas yang dihasilkan reaktor di PLTN akan dijadikan pengukit listrik. Ini yang akan menjadi penyuplainya,” kata dia.

Ia mengaku, program pembangunan PLTN terus disosialisasikan kepada masyarakat. Antara lain melalui pemerintah daerah, media dan terjun langsung ke masyarakat. Pasalnya, masyarakat harus tahu adanya program pembangunan reaktor ini.

“Soal sistem keamanan juga sudah kita siapkan. Titik pemantau radiasi juga sudah disiapkan untuk ditempatkan di beberapa daerah,” tandasnya.(one)

Komentar Anda

comments