Siswa TKJ SMK Pustek Ciptakan LED Ramah Lingkungan

oleh -
Siswa SMK Pustek saat memerkan hasil karyanya.(son)
Siswa SMK Pustek saat memerkan hasil karyanya.(son)
Siswa SMK Pustek saat memerkan hasil karyanya.(son)

Palapa News- Prestasi mentereng kembali ditorehkan pelajar asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kali ini, prestasi datang dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pustek yang menciptakan lampu Light Emitting Diode (LED).

Lampu LED ini, dijamin irit sekaligus ramah lingkungan. Karya pelajar ini menjadi salah satu inovasi yang ditampilkan siswa SMK Pustek program Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dalam ajang “Lomba Produk Karya Unggulan” tingkat SMK se-Provinsi Banten yang digelar di Hotel Grand Serpong,  Kamis (7/52015) lalu.

“Para siswa khususnya di SMK Pustek akan terus menciptakan inovasi-inovasi baru. Sekarang eranya perkembangan teknologi dan informasi, dan itu terjadi begitu cepat. Setidaknya ini langkah awal bagi para siswa,” kata Kepala Program TKJ SMK Pustek Serpong Utara, Indrawan al-Fadillah ketika diwawancara di lokasi lomba.

Menurutnya, pihaknya akan terus mengikuti ajang-ajang lomba yang menampilkan kreatifitas. Kenapa? Karena perhelatan-perhelatan demikian, lanjut Indrawan, sebagai sarana motivasi bagi para siswa untuk terus berkarya.

LED irit dan ramah lingkungan tersebut adalah karya para siswa program TKJ yang diwakili oleh tiga siswa yakni Muhammad Nur Fadli kelas XII TKJ 1, Kokoh Nur Hidayat kelas XII TKJ 2 dan Dinda Dwi Umaroh kelas XII TKJ 4.

LED adalah semi-konduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi. Warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktur yang digunakan, dan bisa juga ultraviolet dekat atau inframerah dekat.(one)

Komentar Anda

comments