Program Pembangunan Berbasis Komunitas Mulai Tampakkan Hasil

oleh -
Komunitas Tangerang Bersih
Walikota saat memantau pengecatan trotoar.(hms)

Palapa News – Kesadaran masyarakat Kota Tangerang untuk memberikan kontribusi nyata bagi kotanya mulai menampakkan hasil. Setelah beberapa pekan terakhir muncul beberapa gerakan yang diinisiasi oleh masyarakat, seperti gerakan Tangerang Bersolek, dan Pesta Komunitas Tangerang, belum lama kemudian muncul  beberapa kumpulan komunitas masyarakat yang mencoba mempercantik kota dengan melakukan pengecatan beberapa lokasi di sudut Kota Tangerang.

Seperti yang ditunjukkan oleh puluhan pemuda yang tergabung dalam Komunitas Skater Tangerang saat secara sukarela mengecat trotoar disepanjang jalan Perintis Kemerdekaan pada Minggu (22/3/2015).

Ditemui disela kegiatan tersebut, salah satu anggota komunitas skateboarding Tangerang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bukti nyata kepedulian mereka terhadap kota yang telah memberikan segalanya untuk warga masyarakatnya. “Kita ingin buktikan cinta kami pada Kota Tangerang,” Ujarnya.

“Mending berbuat begini dari pada ngomong enggak jelas,” Imbuhnya.

Kegiatan pengecatan tersebut direncanakan akan dilakukan secara rutin oleh para komunitas di seluruh Kota Tangerang.

Dan kegiatan-kegiatan yang berbasis komunitas semacam itu memang telah menjadi tren di kalangan masyarakat, terlebih setelah Pemerintah Kota Tangerang menerapkan kebijakan pembangunan berbasis komunitas, mulai banyak muncul kelompok-kelompok masyarakat yang bergerak secara sukarela memberikan kontribusi nyata buat kotanya. Seperti Earth Hour Tangerang yang komit di bidang lingkungan hidup, adalagi Hompimpah yang sangat concern dengan pengolahan sampah dan juga Komunitas Street Art Tangerang yang telah merubah wajah kawasan Pasar Lama dengan karya grafitinya, belum lagi komunitas lain yang tersebar di setiap kecamatan di Kota Tangerang yang telah membuktikan kontribusi nyata bagi kota Akhlakul Karimah.(nai)

Komentar Anda

comments