Tangsel Daerah Pemekaran Terbaik se-Indonesia

oleh -
Rapat Fasilitasi Pembinaan DOB di Jakarta.(hms)
Rapat Fasilitasi Pembinaan DOB di Jakarta.(hms)
Rapat Fasilitasi Pembinaan DOB di Jakarta.(hms)

Palapa News- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) didapuk sebagai daerah pemekaran baru terbaik se-Indonesia. Tangsel meraih predikat pertama dari 32 kota/kabupaten pemekaran baru.

Pemeringkatan itu berdasarkan rapat Fasilitasi Pembinaan Daerah Otonom Baru (DOB) oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) pada Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Ada 32 daerah baru se-Indonesia yang dimekarkan pada rentang 2008-2009.

“Kota Tangsel meraih peringkat 1 dari 32 kabupaten kota/hasil pemekaran tahun 2008-2009. Tangsel meraih nilai 80,5,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Tangsel M Jubair didampingi Kasubag Pemerintahan Aris Sutadmo.

Menurutnya, pada penilaian yang dilakukan tahun 2013 lalu Tangsel unggul 0,1 dari Kabupaten Meranti, Kepulauan Riau. Uruttan ketiga, diraih Kota Sungai Penuh, Jambi dengan nilai 79,0.

Didapuknya kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang sebagai DOB terbaik, dinilai dari struktur APBD yang terus meningkat, Rencana Tata Ruang Wilayah yang diimbangi baiknya infrastruktur serta pendapatan asli daerah (PAD) yang mengalamin lonjakan luar biasa.

Kondisi ini berimbas terhadap progres pembangunan yang melaju kencang dalam 2-3 tahun pascapemekaran. Penilaian terakhir, soal perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dua kali dalam pengelolaan anggaran ditahun 2011 dan 2012.(hms/one)

Komentar Anda

comments